nusabali

SMPN 4 Kintamani Belajar ke SMPN 1 Semarapura

  • www.nusabali.com-smpn-4-kintamani-belajar-ke-smpn-1-semarapura

SMPN 4 Kintamani, Kecamatan Kintamai, Bangli, mengunjungi SMPN 1 Semarapura, Klungkung, Jumat (4/10) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Warga sekolah dari bumi sejuk itu mempelajari beberapa program kesiswaan yang sudah berjalan di SMPN 1 Semarapura, seperti Pojok Baca, Family Gathering, Sista Wijaya,  Program Paguyuban Orangtua, Program Kegiatan Osis, dan lainnya.

Dalam kunjungan itu mereka datang menggunakan dua bus, dipimpin langsung oleh Kepala SMPN 4 Kintamani, Haji Moh Ali, Waka sekolah, pembina OSIS dan pengurus OSIS sebanyak 35 orang. Mereka diterima langsung oleh Kepala SMPN 1 Semarapura, Nyoman Karyawan, bahkan mereka juga disambut yel kebangsaan dan ucapan selamat datang, dilanjutkan menyimak pemaparan dari pengurus inti OSIS dan program sekolah. Sehinga perwakilan dari SMPN 4 Kintamani itu merasa terkesan dengan keramah-tamahan pengurus OSIS dan keceriaannya dalam memaparkan program program.

Kepala SMPN 1 Semarapura Nyoman Karyawan ditemui usai kegiatan tersebut, mengatakan mereka ingin meniru program program kesiswaan seperti pojok baca, family gathering, sista wijaya,  program paguyuban orangtua yang setiap pembagian rapor diadakan perayaan di kelas, kegiatan iuran sosial  sukarela kelas,  bazar antar kelas, seputaran cara penggalian dana dan pelaporan kegiatan OSIS. "Kami menyambut baik atas kunjungan tersebut," ujar Karyawan.

Lebih lanjut, Karyawan menjelaskan salah satu program inovatif pojok baca. Yaitu, siswa yang melanggar tata-tertib sekolah, terutama yang bersifat ringan siswa wajib membaca buku. Kemudian apa yang dibaca ditulis pada jurnal membaca. Di antaranya menulis judul buku, nama pengarang, jumlah halaman dan ringkasan isi cerita paling dinilai paling menarik. “Dengan cara seperti ini menjadi alternatif meningkatkan minat baca siswa, menambah wawasan, dan menghidari hukuman fisik,” ujar Karyawan.*wan

Komentar