nusabali

Tim Kabupaten Nilai Pramuka SDN 1 Pesedahan

  • www.nusabali.com-tim-kabupaten-nilai-pramuka-sdn-1-pesedahan

Gerakan Pramuka Pangkalan Karangasem 08.01-08.072 SDN 1 Pesedahan, Kecamatan Manggis Karangasem, dinilai Tim Kabupaten Karangasem dalam Lomba Gugus Unggul mewakili Kecamatan Manggis, Kamis (3/10).

AMLAPURA, NusaBali

Pemenang berhak mewakili Karangasem dalam lomba di Tingkat Provinsi Bali. Penilaian meliputi tujuh aspek yakni SDM, manajemen administrasi dan kehumasan, dukungan dana sarana dan prasarana, kegiatan, proses, prestasi, dan kemitraan.

Ketua Tim Penilai I Wayan Sarya bersama tiga anggota mengawali menilai keberadaan gugus depan unggul yang tertuang dalam portofolio. Semua isi portofolio dikroscek dengan bukti fisik di lapangan. Di bidang sumber daya manusia menyangkut kepengurusan Mabigus (Majelis Pembimbing Gugus) agar memiliki legalitas yang dibuktikan dengan catatan hasil musyawarah dikuatkan surat keterangan Mabigus.

Wayan Sarya juga mengecek program gugus depan unggul, pengelolaan administrasi keuangan, dukungan sarana dan prasarana, prestasi kelembagaan, prestasi perseorangan, peran Mabigus, peran pembina satuan siaga, peran pembina satuan penggalang dan peran serta masyarakat mendukung gugus depan unggul tersebut. “Apakah orangtua siswa aktif saat ada kegiatan, ikut di kepanitiaan dan terlibat dalam kegiatan. Sejauh mana memberikan bantuan, itu semuanya ada standar nilainya,” jelas Wayan Sarya.

Sebelum lomba, Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) yang juga Kasek SDN 1 Pesedahan I Wayan Wardana telah mengoptimalkan persiapan dengan menggelar Persari (perkemahan sehari) di SDN 1 Pesedahan, Kamis (12/9). “Saya telah berupaya memenuhi tujuh standar penilaian, termasuk melakukan pendidikan karakter terhadap anggota siaga. Saya optimis mampu meraih prestasi di Tingkat Kabupaten Karangasem,” kata Wayan Wardana. Lomba ini memotivasi siswa terus belajar menghayati dan mengamalkan ajaran kepramukaan. *k16

Komentar