nusabali

Blasman Pilih OSIS Mirip Pemilu

  • www.nusabali.com-blasman-pilih-osis-mirip-pemilu

SMAN 1 Blahbatuh, Gianyar, melaksanakan pemilihan Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) masa bhakti 2019-2020, Kamis (3/10).

GIANYAR, NusaBali

Sekolah berjuluk Blasman ini melakukan pemilihan mirip pemilihan umum, diikuti seluruh siswa. Kepala SMAN 1 Blahbatuh I Ketut Sulatra menjelaskan, pemilihan OSIS mirip Pemilu ini untuk memberikan pendidikan demokrasi sekaligus mengenalkan tahapan pemilu ke peserta didik. Karena mirip Pemilu, maka panitia menyiapkan bilik suara, kotak suara, tinta, dan alat pencoblosan. Sebelum mencoblos, siswa mengantri untuk mendapatkan surat suara yang berisi foto kandidat atau calon ketua. Mereka bergiliran menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah mencoblos, surat suara dilipat kembali dan dimasukkan ke dalam kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, mereka harus mencelupkan jari kelingking ke dalam tinta sebagai penanda telah memilih.

Ketua OSIS masa bhakti 2018-2019 Kadek Agus Yuda Parmana menjelaskan, pemilihan Ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, wawancara, pelaksanaan kampanye. Para kandidat wajib memaparkan visi dan misi kepemimpinan di hadapan panelis dan seluruh siswa, Selasa (1/10), dilanjutkan pemberian sosialiasi tata cara pencoblosan.

Ada tiga pasang calon (paslon) ketua dan wakil ketua OSIS yang bersaing merebut suara. Paslon 01 atas nama Komang Arjun Mas Prema Mandira/Gusti Ayu Alfa Artamelia, paslon 02 Ni Kadek Diah Arisma/I Gusti Ayu Ari Saraswati dan paslon 03 Luh Septi Periani/I Putu Wahyu Mahaputra.  “Melalui proses mirip pemilu ini, kami berharap akan lahir pemimpin-pemimpin yang jujur tangguh dan berintegritas,” ungkapnya.

Dari hasil penghitungan suara, diperoleh  paslon 01 Arjun/Alfa memperoleh 210 suara, paslon 02 Diah/Ari Saraswati 408 suara dan paslon 03 Septi/Wahyu 398 suara. *nvi

Komentar