nusabali

NPF V Promosikan Keindahan Bahari

  • www.nusabali.com-npf-v-promosikan-keindahan-bahari

Pemkab Klungkung kembali menggelar Nusa Penida Festival (NPF) V pada 5 - 8 Oktober 2019.

SEMARAPURA, NusaBali

NPF tahun ini masih memromosikan potensi keindahan bawah laut dan seni budaya di Kecamatan Nusa Penida. NPF berpusat di Pelabuhan Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida, dibuka Minggu (6/10).

"Temanya NPF 2019 masih seputar keindahan Nusa Penida atau The Blue Paradise Island. Karena keindahan kepulauan Nusa Penida yang menjadi daya tarik hingga wisatawan hadir dan menikmati keindahannya," ujar Bupati Suwirta, Kamis (3/10).

Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, jelas Bupati, NPF juga akan menampilkan atraksi seni budaya Klungkung0. Salah satunya, tarian Rejang Renteng dibawakan 1.000 penari untuk mengiringi ritual Pakelem. Rejang Renteng merupakan tarian asli Nusa Penida yang biasa dibawakan oleh ibu-ibu ketika pelaksanaan upacara agama Hindu.

Ketua Panitia  I Nyoman Widana mengatakan NPF merupakan acara tahunan yang sudah diselenggarakan sejak 2014 silam. Pada tahun 2018 sempat ditiadakan terkait Pilkada Klungkung. NPF kali ini akan ada perpaduan antara keindahan alam, kebudayaan, serta musik yang akan menampilkan musisi lokal hingga nasional, namun tetap menjunjung tinggi kebudayaan, seperti pementasan 1.000 penari Rejang Renteng yang merupakan tarian khas Nusa Penida. Selama NPF V  ini akan disajikan kesenian rakyat, karnaval budaya, dan perlombaan yang sarat nilai-nilai kemanusiaan, kegotongroyongan dan kerjasama. Seperti Lomba Tarik Tambang, Mengala-gala dan Perahu Layar.

Pengunjung NPF bisa bias melalui beberapa akses yakni Pelabuhan Sanur, Denpasar - Pelabuhan Nusa Lembongan, Nusa Penida, kemudian menyeberang ke Nusa Penida. Pelabuhan Tribuana atau Pelabuhan Banjar Bias, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung. "Namun bagi yang hendak membawa kendaraan dapat menyeberang menggunakan kapal Roro (roll on-roll off) melalui Pelabuhan Padangbai, Karangasem. *wan

Komentar