nusabali

Ny Putri Koster: Jangan Jejali Anak dengan Obsesi Orang Tua

  • www.nusabali.com-ny-putri-koster-jangan-jejali-anak-dengan-obsesi-orang-tua

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster menjadi narasumber acara Bimtek Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) di aula BP PAUD dan Dikmas Bali, Denpasar, Rabu (2/10).

DENPASAR, NusaBali

Workshop diikuti 45 tenaga pendidik PAUD yang mewakili semua kabupaten/kota di Bali. Ny Suastini Koster mengingatkan pola asuh dan pendidikan anak usia dini sangat mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak. Diharapkan menerapkan pola asah, asih, dan asuh. Tidak menjejali obsesi orang tua kepada anak.

Istri Gubernur Bali Wayan Koster yang akrab disapa Bunda Putri ini juga mengingatkan bahwa pola asuh dan pendidikan dini di Bali mesti bersandar pada  budaya yang berakar di masyarakat. Seni dan budaya sangat mempengaruhi  tumbuh kembang dirinya sebagai seorang anak hingga memasuki usia remaja dulu. Apalagi di Bali sangat terdukung oleh adanya fasilitas bale banjar yang mempunyai fungsi budaya sebagai tempat strategis bagi anak-anak untuk mulai bersosialisasi, bermain, dan sekaligus belajar hal-hal baru termasuk aktivitas seni. “Bale banjar harus disinergikan dengan pendidikan PAUD agar bisa menampung anak-anak kita,” imbuhnya.

Sementara Kepala Balai BP PAUD dan Dikmas Bali Endah Warsiati sangat mengharapkan dukungan dan kemitraan dari berbagai pihak, terutama pemerintah provinsi serta kabupaten untuk menjalankan program PAUD. Endah juga menyatakan Bimtek ini juga dalam rangka menuju standarisasi kualitas tenaga pendidik. Bali diharapkan dalam waktu dekat segera menuju standar yang ditentukan Jemendiknas. “Agar nanti ilmu yang diterima para peserta bisa disebarkan pula ke daerah masing-masing,” imbuhnya. *

Komentar