nusabali

Dinas LHK Badung Hattrick Penghargaan Nasional

Raih 3 Trofi Nasional Lingkungan Tahun 2019

  • www.nusabali.com-dinas-lhk-badung-hattrick-penghargaan-nasional

Janji Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung untuk mempersembahkan tiga trofi penghargaan nasional di bidang lingkungan hidup sebelum HUT Mangupura, terbukti.

MANGUPURA, NusaBali

Trofi yang dipersembahkan adalah penghargaan Sinopik (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) Top 99 dan Top 45 dengan inovasi Batik (Badung Anti Kantong Plastik). Penghargaan akan diserahkan oleh Wakil Presiden RI kepada Bupati Badung pada 15 Oktober mendatang di Istana Wakil Presiden Jakarta. Inovasi Batik juga ikut dalam inovasi dunia yang dilaksanakan oleh PBB, yaitu United Nations Public Service Awards (UNPSA).

Penghargaan kedua yang diraih Badung adalah trofi Kalpataru di bidang penyelamat lingkungan, khususnya hutan mangrove. Penghargaan ini diraih oleh Kelompok Nelayan Prapat Agung Mengening Patasari atas pelestarian hutan mangrove. Trofi diserahkan oleh Wakil Presiden RI di JCC pada Juli 2019.

Sedangkan, penghargaan ketiga adalah trofi utama Proklim (Program Kampung Iklim) diterima oleh Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal dalam Festival Iklim 2019  di Gedung Manggala Wanabakti, Selasa (2/10), dengan tema Emisi Menurun Indonesia Maju Berketahanan Iklim dengan indikator, pengelolaan sampah, pelaksanaan 3 M, resapan air, perlindungan mata air, dan pemanfaatan lahan pekarangan.

Kadis LHK Badung I Putu Eka Merthawan, mengatakan Desa Sangeh memenuhi syarat kelima indikator tersebut dan menjadi satu-satunya desa di Bali yang meraih trofi Proklim 2019. Penyerahan trofi dilakukan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya. “Saya amat bersyukur trofi Proklim dapat diraih melengkapi tiga trofi nasional sebagai kado terindah HUT ke-10 Mangupura pada November 2019. Semoga Badung selalu menjadi roll model nasional dalam tata kelola lingkungan,” katanya. *

Komentar