nusabali

Kandidat Exco PSSI Didominasi Wajah Lama

  • www.nusabali.com-kandidat-exco-pssi-didominasi-wajah-lama

Wajah-wajah lama mendominasi pendaftaran bakal calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

JAKARTA, NusaBali

Sedikitnya ada 47 nama bakal calon Exco PSSI yang diterima Komite Pemilihan PSSI. Ke-47 nama tersebut muncul berdasarkan hasil Formulir Deklarasi Dukungan yang dikirimkan oleh anggota (voter) PSSI.

Dari 47 nama tersebut, ada tiga yang telah terdaftar menjadi bakal calon Ketua Umum PSSI. Mereka adalah Arif Putra Wicaksono, Mochamad Iriawan, dan Rahim Soekasah. Sementara itu, ada lima orang yang sejauh ini telah tercatat sebagai bakal calon Wakil Ketua Umum PSSI yakni Benny Erwin, Cucu Somantri, Doli Sinomba Siregar, Doni Setiabudi, dan Iwan Budianto.  Sedangkan 39 nama lainnya masuk sebagai bakal calon anggota Exco PSSI untuk periode ke depan.

Nama-nama yang menjadi pengurus PSSI pada periode ini kembali muncul dalam daftar balon anggota Exco PSSI untuk 2019-2023. Yoyok Sukawi, Dirk Soplanit, Gusti Randa, Juni Rahman, Papat Yunisal, Pieter Tanuri, Very Mulyadi, dan Yunus Nusi merupakan anggota Exco PSSI yang kembali masuk bursa. Ada juga sosok petinggi klub anggota PSSI yang masuk dalam daftar ini seperti Haruna Soemitro (Madura United), Hasnuryadi Sulaiman (Barito Putera), Julius Raja (PSMS Medan), dan Sumardji (Bhayangkara FC). Satu nama lain yang mencolok adalah Andi Darussalam Tabusalla, sosok yang tak asing lagi di persepakbolaan Indonesia.

Andi Darussalam merupakan mantan manajer timnas Indonesia dan Ketua Badan Liga Indonesia pada 2008. Namun kali ini Andi Darussalam turun gunung menjadi bakal calon anggota Exco PSSI periode 2019-2023. "Bakal Calon Komite Eksekutif untuk periode 2019-2023 ini harus melengkapi dokumen, persyaratan serta mengisi dan menandatangani Formulir A-1 Lembar Konfirmasi Bakal Calon, Formulir A-2 Surat Pernyataan Bakal Calon dan Formulir Integritas untuk kemudian ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS)," bunyi rilis dari PSSI.

Komite Pemilihan PSSI masih menerima Deklarasi Dukungan dari Anggota PSSI dan Konfirmasi Persyaratan dari Bakal Calon Komite Eksekutif hingga tanggal 3 Oktober 2019. Nantinya calon Exco PSSI yang terpilih akan maju dalam Kongres Pemilihan PSSI yang digelar pada 2 November 2019. *

Komentar