nusabali

Atasi Kebakaran Sampah di TPA, Dinas LH Rencana Buat Kubangan

  • www.nusabali.com-atasi-kebakaran-sampah-di-tpa-dinas-lh-rencana-buat-kubangan

Mengatasi kebakaran di TPA Mandung, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Dinas Lingkungan Hidup (LH) berencana membuat enam titik kubangan.

TABANAN, NusaBali

Kubangan tersebut akan dibuat di bagian atas tumpukan sampah dengan maksud mencegah timbulnya asap.  Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Tabanan I Made Subagia, mengatakan kubangan yang dibuat berukuran 3 meter x 2 meter dengan kedalaman 1 meter. Nantinya kubangan tersebut akan diisi air sumber instalasi pengolahan limbah tinja. “Air yang ada didalam kubangan ini yang nantinya meresap ke bawah untuk mencegah timbulnya asap,” ungkapnya, Minggu (29/9).

Dikatakannya, selain untuk mencegah timbulnya asap, air yang ada di kubangan tersebut juga akan difungsikan sebagai penanganan awal jika terjadi kebakaran secara mendadak. “Jadinya bisa diambil sebelum ada pemadam kebakaran datang,” imbuh Subagia.

Menurut Subagia dalam menangani kebakaran Dinas LH sudah menyediakan selang khusus TPA sepanjang 80 meter, dari semula hanya tersedia selang sepanjang 20 meter. Dengan selang inilah petugas TPA dan Dinas LH ikut memadamkan api lebih awal, selain penanganan yang dilakukan petugas pemadam kebakaran. “Kami juga lakukan jaga malam, setiap harinya tujuh orang yang siaga di TPA Mandung,” tuturnya.

Untuk diketahui hingga saat ini asap di TPA Mandung belum padam sepenuhnya. Di beberapa titik tumpukan sampah masih menimbulkan asap dan percikan api. Padahal saat hujan deras yang terjadi sekitar sepekan lalu, asap telah padam total. Namun karena tiupan angin sangat kencang, asap kembali muncul.

Dan untuk menjaga kesehatan para petugas pemadam kebakaran dan petugas TPA, Subagia telah berkoordinasi dengan Asisten II Setda Tabanan agar pemeriksaan lanjutan bagi para petugas bisa dilaksanakan. Hal itu karena hampir tiap hari petugas berkutat dengan asap, bau, dan kelelahan. “Kami sudah koordinasi untuk memohon pemeriksaan lebih, karena tiap hari berkutat dengan bau, asap, dan faktor kelelahan,” tandasnya. *des

Komentar