nusabali

Ciptakan Patung Tari Rejang, Baris, dan Topeng

  • www.nusabali.com-ciptakan-patung-tari-rejang-baris-dan-topeng

Kiprah Terkini Dalem Ramadi, Pematung Khusus Bambu

GIANYAR, NusaBali

I Gusti Ngurah Dalem Ramadi,24, spesialis pembuat patung dari anyaman bambu terus berkarya. Teranyar, pemuda Banjar Manukaya Let, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Gianyarini menciptakan Patung Rejang, Baris, dan Topeng Patih. Tiga patung setinggi 2 meter ini akan menghiasi pelaksanaan Karya Tawur Mesapuh Agung, Mupuk Pedagingan, Penyegjeg Jagat, lan Karya Puja Wali Ngusaba Kapat Pura Kahyangan Jagat Pura Tirtha Empul di Desa Adat Manukaya Let, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring. Puncak karya pada Buda Kliwon Matal, Rabu (2/10).

Tiga patung anyaman ini sudah rampung dan diletakkan mulai Kamis (26/9) di areal pura. Sama halnya dengan karya Dalem Ramadi sebelumnya, tiga patung ini sukses menyedot perhatian. Sebelumnya, mahasiswa Seni Rupa ISI Denpasar ini telah sukses membuat patung ukuran besar yang fenomenal yakni Patung Raja Karangasem, Patung Dewi Cinta maupun Patung Rejang Lidi.

Untuk pembuatan patung anyaman bambu yang tingginya 2 meter itu, memerlukan sekitar 100 batang bambu. Dalem Ramadi dibantu sekitar 15 pemuda setempat sejak sebulan lalu. "Mulai dari memilah dan mengolah bambu. Baru kemudian menganyam," jelasnya ditemui, Minggu (30/9). Sebagai pemanis, bambu dikombinasikan dengan ukiran-ukiran dari kayu sehingga menambah kesan seninya.

Setelah rampung, patung bahan bambu ini bisa awet atau tidaknya tergantung dari lokasi ditempatkannya. Karena keutuhannya sangat dipengaruhi oleh cuaca, terkena air hujan atau tidak. “Kalau ditempatkan pada tempat yang tidak kena hujan dan matahari bisa mencapai lima tahun masih utuh. Rata-rata umur bambu anyaman tanpa diawetkan memang segitu,” ujarnya.

Dalem Ramadi menekuni anyam bambu sejak SMP, setiap kali membuat ogoh-ogoh jelang Nyepi. "Kalau menekuni ke bisnis, baru-baru ini. Dulu kan cuma berkarya suka-suka, kini agak serius," ujar alumni SMAN 1 Tampaksiring ini. Selain patung monumental, Dalem Ramadi juga kerap membuat patung anyaman untuk pameran. Seperti salah satunya berjudul Litle Angel yang mengkritisi soal pengaruh negatif gadget pada anak-anak. Di sela-sela kuliah, dia sering dapat pesanan membuat spot-spot selfie untuk objek wisata di Gianyar.

Sebelumnya diberitakan, Dalem Ramadi sukses menciptakan patung anyaman Rejang berbahan 16.000 batang lidi untuk dekorasi Porsenides Manukaya. Pemuda kelahiran 21 Juli 1995 ini juga dipercaya membuat patung anyaman bambu dengan figur Raja Karangasem yaitu Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Patung ini dipesan untuk ikon HUT Kota Amlapura ke 379. *nvi

Komentar