nusabali

Siswa SMPN 1 Amlapura ke Dancer Sport Malaysia

  • www.nusabali.com-siswa-smpn-1-amlapura-ke-dancer-sport-malaysia

Siswa kelas IX/a SMPN 1 Amlapura I Ketut Yayak Darmada, peraih medali emas Dancer Sport Porprov Tabanan 2019, siap menjajal Lomba Dancer Sport Internasional di Malaysia, 27 Oktober mendatang.

AMLAPURA, NusaBali

Walau belum pernah juara di tingkat internasional, setidaknya sebelumnya sempat ambil bagian dalam lomba internasional di Jakarta.

Sekecil apa pun peluangnya, berupaya dimanfaatkan, untuk kebanggaan masyarakat Karangasem. I Ketut Yayak Darmada menuturkan hal itu ditemui di SMPN 1 Amlapura, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Sabtu (28/9).

Saat di Porprov Tabanan 2019, I Ketut Yayak Darmada berpasangan dengan atlet dari Denpasar Ni Kadek Yusti Viktoriyani, menyabet medali emas di nomor FFA (free for all), berkat pengalaman memenangkan berbagai lomba di Tingkat Provinsi Bali.  

Atas prestasi itu sehingga Pemprov IODI (Ikatan Olahraga Dance Sport Indonesia) Bali mengirim ke Kejuaraan Dance Sport Internasional di Malaysia, 27 Oktober mendatang. "Makanya usai ikut Porprov Tabanan, langsung berlatih, agar meraih prestasi tingkat internasional," jelas siswa kelahiran 21 Juni 2004.

Prestasi yang dirintisnya mulai dari Lomba Tingkat Kabupaten Karangasem Tingkat Provinsi Bali, dan kali ini mencoba bersaing di tingkat internasional. Secara mental telah siap berlomba, berharap tidak ada kendala secara non teknis.

"Saya sudah siap ikut lomba, setiap hari menjalani latihan. Fisik tidak masalah, kelenturan dan teknis lainnya, juga oke," kata alumnus SDN 3 Karangasem yang tinggal di Jalan Diponegoro 10 Amlapura.

Menekuni olahraga dance sport, awalnya karena ada kakak kelasnya yang mengawali menggeluti olahraga itu, selanjutnya berprestasi, atas nama I Kadek Tohjiwa. Maka, terus ikut latihan bersama. Ternyata melalui olahraga dance sport itulah mampu membawa nama baik SMPN 1 Amlapura, nama Kabupaten Karangasem.

I Ketut Yayak Darmawan bercita-cita jadi instruktur senam profesional, untuk melahirkan pesenam-pesenam handal di masa datang, sehingga prestasi itu terus berkelanjutan.

Terlebih lagi katanya di SMPN 1 Amlapura memiliki pembina khusus senam termasuk dance sport, guru itu atas nama Yudi Permana.

Yudi Permana sendiri menilai anak didiknya memang berbakat bidang senam. "Saya hanya mengarahkan saja, tetapi bakat anak itu memang bidang senam, makanya lebih mudah melatih, sehingga sederet prestasi diraihnya," kata Yudi Permana.

Kasek SMPN 1 Amlapura I Komang Suweca juga mengapresiasi prestasi anak didiknya itu. "Bukan saja meraih medali emas di Porprov Tabanan 2019, di beberapa kejuaraan lainnya Tingkat Provinsi Bali, telah dimenangkan. Mudah-mudahan di sini ada generasinya untuk meneruskan prestasi itu," harap I Komang Suweca. *k16

Komentar