nusabali

Belajar Akting di Acting Workshop Balinale 2019

  • www.nusabali.com-belajar-akting-di-acting-workshop-balinale-2019

Rukman Rosadi berbagi tips dalam belajar mempertajam akting di Balinale 2019.

MANGUPURA, NusaBali.com
Bali International Film Festival (Balinale) 2019 tak hanya merupakan platform bagi para filmmakers untuk menuangkan kreativitasnya melalui film-film yang ditampilkan pada acara ini. Festival film yang diinisiasi oleh Deborah Gabinetti ini juga menyediakan kelas acting bagi para sineas. 

Balinale pada tahun ini menghadirkan aktor Rukman Rosadi sebagai mentor dalam Acting Workshop pada Kamis (26/9/2019).  Kegiatan yang berlangsung di Cinemaxx Sidewalk Jimbaran ini diikuti oleh kurang lebih 40 peserta dari berbagai latar belakang, dari peserta yang memang berfokus di dunia acting hingga filmmaker yang karyanya ditampilkan pada Balinale 2019. 

Dalam Acting Workshop ini, Rukman Rosadi berbagi tips bagaimana untuk mengoptimalkan penggunaan pikiran, perasaan, dan fisik dalam berakting. “Dengan mempertajam pikiran, perasaan, dan tubuh ini, aktor tidak hanya akan berbasis pada script dan perintah sutradara, tapi juga mengembangkan aktingnya,” ujar Rukman Rosadi.  

Kegiatan Acting Workshop ini tak hanya diisi dengan diskusi saja, namun para peserta juga berkesempatan untuk mempraktikan langsung kiat-kiat latihan oleh aktor dalam film ‘Negeri Tanpa Telinga’ 2014 lalu ini. Salah satu metode latihan yang dilakukan dalam workshop ini yaitu metode berpasangan di mana satu orang berperan sebagai seorang sutradara yang menggerakkan satu orang lainnya untuk menunjukkan pose tertentu layaknya seorang seniman yang membentuk sebuah patung. 

Rukman Rosadi dalam workshop ini menekankan bahwa pengetahuan merupakan hal yang tak kalah penting bagi seorang aktor selain pengalaman. Menurutnya, pengalaman membuat seorang aktor hanya berpatokan pada pengalaman saja sehingga aktingnya kurang berkembang. “Jika dibarengi dengan pengetahuan, di sinilah akting seseorang menjadi lebih tajam,” jelas aktor yang juga merupakan asisten sutradara pada film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’. 

Hal ini sejalan dengan harapan Rukman ke depannya bagi dunia perfilman di Indonesia. “Saya harap ke depannya Indonesia memiliki lebih banyak aktor-aktor yang keren. Bukan hanya berpengalaman, tapi juga keren,” tutupnya. *yl

loading...

Komentar