nusabali

Usai Makan Ikan, Satu Keluarga di NTT Tewas

  • www.nusabali.com-usai-makan-ikan-satu-keluarga-di-ntt-tewas

Tiga orang asal Desa Oni, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), tewas usai menyantap ikan.

SOE, NusaBali
Tiga orang itu yakni, Nance Kase (43), Erni Kase (17), dan Roland Banamtuan yang berusia satu tahun. "Tiga orang yang meninggal ini adalah satu keluarga. Kejadiannya tadi pagi," ungkap Bupati TTS Epy Tahun, Kamis (26/9) seperti dilansir kompas.

Kejadian itu bermula ketika pukul 10.00 Wita, tiga orang ini menyantap ikan bersama kerabat lainnya. Sekitar satu jam kemudian yakni pukul 11.00 Wita, ketiganya mual dan muntah-muntah.

Mereka kemudian dilarikan ke puskesmas. Namun, sekitar pukul 12.45 WITA, nyawa tiga orang tersebut tidak bisa diselamatkan. Selain tiga orang meninggal, kata Epy, tiga orang kerabat lainnya juga sedang menjalani perawatan medis di puskesmas terdekat. Ketiga korban selamat tersebut yaitu, Jensi Banamtuan, Marci Banamtuan dan Marto Boimau.

Kades Oni, Charles Hauteas menceritakan, kasus keracunan makanan bermula ketika Lorens Banamtuan memasang pukat di laut dan berhasil mendapatkan seekor ikan yang dalam bahasa daerah disebut ikan cekek. Ikan tersebut lalu diolah korban dan dimakan oleh ke enam korban.

"Rabu malam itu, suami korban, Lorens ada pasang pukat dilaut dan dapat ikan satu ekor. Ikan ini selanjutnya diolah oleh korban Nance lalu dimakan oleh keenam korban. Habis makan ikan ini, korban semua pusing dan muntah-muntah," cerita Charles seperti dikutip dari pos-kupang.com.

Saat kembali mengambil air lanjut Charles, dirinya menemukan para korban sudah dalam keadaan lemas. Melihat kondisi para korban yang mabok, Lorens lalu melaporkan hal tersebut kepada para tetangga.

Para tetangga korban lalu menyarankan untuk memberikan air kelapa kepada para korban. Namun kondisi para korban tak kunjung membaik sehingga dirujuk ke Puskesmas Kualin.

"Yang tiga korban, mama, anak dan cucu itu tidak bisa diselamatkan sedangkan dua anak korban atas nama Jensi Banamtuan, Marci Banamtuan saat ini kondisinya sudah membaik namun masih dirawat di Puskesmas Kualin. Sedangkan satu korban selamat lainnya Marto Boimau yang merupakan tetangga korban juga masih dirawat di Puskesmas namun kondisinya sudah mulai membaik," ceritanya.*

Komentar