nusabali

Guru SD Se-Karangasem Dapat Peningkatan Mutu

  • www.nusabali.com-guru-sd-se-karangasem-dapat-peningkatan-mutu

Guru SD se-Karangasem mendapatkan workshop peningkatan mutu guru tentang teknik pengelolaan kelas dan penguatan mata pelajaran Matematika dari Yayasan Adiluhung Nusantara Jakarta.

AMLAPURA, NusaBali

Workshop digelar di aula Widya Sabha Praja Disdikpora Karangasem, Kamis (26/9). Diharapkan para guru mampu menjadikan pendidikan yang menghidupkan dan membahagiakan siswa.

Workshop yang dibuka Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa ini menghadirkan dua narasumber yakni Aji Syafa memberikan materi pengelolaan kelas dan Andi Suryawan memberikan materi pembelajaran Matematika. Sebelum memulai memberikan materi, Aji Syafa misalnya mengajak seluruh guru bernyanyi. Sehingga suasana dibuat segar dan fokus mendengarkan setiap tahapan materi yang dibawakan. Pembelajaran yang benar mampu menyenangkan siswa sesuai amanat PAKEM (pendidikan aktif kreatif efektif dan menyenangkan).

Disebutkan Aji Syafa, pengelolaan kelas sangat penting karena menentukan arah kebijakan pendidikan selama melakukan pembelajaran. Tujuan dari pengelolaan kelas mewujudkan situasi dan kondisi kelas yang baik. Kelas juga sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar. Hanya di kelas sebagai tempat mengembangkan kemampuan peserta didik, sebagai tempat meningkatkan interaksi belajar, menyediakan sarana dan prasarana belajar siswa sesuai lingkungan sosial.

Guru juga dalam membina siswa mesti menyesuaikan dengan latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya, serta memperhatikan sifat-sifat individu siswa. “Seorang guru mampu mengelola kelas dengan baik mesti menguasai kurikulum, menguasai materi, menguasai metode, setia terhadap tugas-tugas dan disiplin,” katanya. Sementara Andi Suryawan memberikan contoh-contoh soal Matematika, mulai dari penjumlahan dengan deret satu digit, hingga penjumlahan banyak digit. “Jadi guru juga mesti pintar sebagai publik speaking, mampu berbicara di depan umum dengan baik dan menarik,” pintanya. *k16

Komentar