nusabali

Tingkatkan Budaya Literasi, SMP Ikut Lomba Perpustakaan

  • www.nusabali.com-tingkatkan-budaya-literasi-smp-ikut-lomba-perpustakaan

Dewan Pendidikan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tabanan menyelenggarakan lomba perpustakaan dan literasi tingkat SMP se–Kabupaten Tabanan. Lomba digelar tiga hari, 23–25 September 2019.

TABANAN, NusaBali
Ada 5 tim yang dibentuk untuk menilai 42 sekolah SMP di Tabanan.  Ketua Dewan Pendidikan Tabanan I Wayan Madra Suartana, mengatakan penilaian sudah selesai dilakukan pada Rabu (25/9). Saat ini sedang proses perangkuman nilai. Penilaian diserahkan kepada tim dari Dinas Perpustakaan dan Arsip untuk melakukan rekapitulasi hasil lapangan.

“Sepekan ke depan kami harapkan sudah bisa diumumkan hasilnya,” ujarnya, Kamis (26/9).  Total ada 42 sekolah SMP swasta dan negeri yang mengikuti. Ada 5 tim yang dibentuk untuk menyasar sekolah yang ada di Tabanan yang terdiri dari unsur Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Perpustakaan dan Arsip. Dalam satu hari, satu tim melakukan penilaian di 2 – 3 sekolah.

Madra menambahkan dalam lomba ini akan diumumkan juara 1, 2, dan 3 termasuk juara harapan 1, 2, dan 3. Sedangkan bagi yang tidak mendapatkan juara diberikan piagam penghargaan sebagai bentuk partisipasi dalam lomba tersebut. “Khusus juara satu akan diundang dalam puncak HUT kota Tabanan, untuk menerima hadiah dan penghargaan,” tandasnya.

Adapun kriteria yang harus dipenuhi sekolah SMP di antaranya ada pustakawan, sirkulasi siswa dan guru menggunakan buku, sistem online, ruang baca yang nyaman, rasio buku dengan jumlah murid dan guru, penyesuaian daftar buku dengan kurikulum dan buku hiburan, ada pojok bacaan, dan ada struktur dan profil perpustakaan. *des

loading...

Komentar