nusabali

Paparkan Penerapan Kawasan Tanpa Rokok

Bupati Suwirta Hadiri AP-CAT ke-4 di Bogor

  • www.nusabali.com-paparkan-penerapan-kawasan-tanpa-rokok

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri konferensi ke-4 Aliansi Bupati/Walikota se-Asia Pasifik yang peduli pada Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Penyakit Tidak Menular (The Asia Pasifik Cities Alliance for Tobaco Control/AP-CAT) di Hotel Grand Savero, Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/9).

SEMARAPURA, NusaBali

Kegiatan berlangsung 25 - 26 September 2019 ini, merupakan wadah komunikasi dan koordinasi yang sangat strategis dalam pengendalian tembakau di Indonesia. Konferensi ini juga menjadi forum pertukaran informasi dan pembelajaran atas keberhasilan pengendalian tembakau pada masing-masing Negara anggota AP-CAT.

Acara ini dihadiri puluhan delegasi dari 12 negara di antaranya, Timor Leste, India, Malaysia, Bangladesh, Myanmar, Singapura, Filipina, Kamboja, Laos, Vietnam, Nepal dan Indonesia. Bupati Suwirta memaparkan upaya pencegahan dan pengendalian tembakau di Kabupaten Klungkung untuk hidup sehat. Upaya ini dengan mengeluarkan Perda Nomor 1 Tahun 2014 tentang KTR dan Perbup Klungkung Nomor 1 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pembinaan dan Pengawasan KTR termasuk mendorong memasukkan KTR tersebut dalam Perarem (aturan adat) di masing-masing Desa Adat.

Kata Bupati, Pemkab Klungkung juga menggalakkan kampanye anti rokok. Caranya, melarang iklan rokok baik di warung, toko maupun di tempat umum lainnya. Memasang baliho anti rokok, membentuk kader anti rokok dan menyosialisasikan bahaya rokok di sekolah dan armada angkutan siswa gratis.

Tahun 2020, pengendalian tembakau dengan meningkatkan kepatuhan KTR di desa adat dan pelarangan rokok elektrik.Terkait pencegahan penyakit tidak menular dengan sosialisasi bahaya dan pelarangan minuman manis dan bersoda di sekolah.

Perwakilan Union Against Tuberculosis and Lung Disease (The Union) Fauzi Ahmad Noor menyampaikan sekitar 175 delegasi dan partisipan dari dalam dan luar negeri hadir dalam 4th AP-CAT Summit di Bogor. Para partisipan itu akan berbagi pengalaman dan pelajaran yang dipelajari dalam pencegahan dan pengendalian tembakau.

The Union merupakan mitra dari Kementerian Kesehatan RI yang aktif terlibat dalam pengendalian rokok, khususnya pada pengembangan regulasi dan implementasi KTR serta pengendalian iklan rokok di kabupaten/kota melalui Aliansi Bupati/Walikota peduli KTR. *wan

Komentar