nusabali

Beringin Tumbang Timpa Kabel Listrik

  • www.nusabali.com-beringin-tumbang-timpa-kabel-listrik

Beringin di depan Pura Dalem Desa Adat Pekarangan, Desa Ngis, Kecamatan Manggis, Karangasem, tumbang menimpa kabel listrik, Senin (23/9) sekitar pukul 17.00 Wita.

AMLAPURA, NusaBali

Beringin setinggi 30 meter dengan diameter 60 cm itu roboh karena lapuk. Tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun arus lalulintas terganggu selama proses evakuasi.

Bendesa Adat Pekarangan I Wayan Madia mengatakan sesaat sebelum beringin tumbang ada warga memarkir mobil Kijang di jaba Pura Dalem. Krama pun memberitahukan pemilik kendaraan agar mobilnya dipindahkan karena terdengar suara berisik pertanda pohon akan tumbang. Tak berselang lama, Ketua LPD Desa Adat Pekarangan I Nengah Mudita menyapu di bawah beringin. Setelah didengar suara, dia segera menjauh menuju Pura Dalem. Beberapa detik kemudian beringin roboh.

Nengah Mudita menangis karena terkejut dan merasa bersyukur selamat dari reruntuhan pohon beringin. Bendesa Adat Pekarangan I Wayan Madia melaporkan pohon tumbang itu ke TRC BPBD Karangasem. Kepala Pelaksana BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa bersama anggota mengecek di lokasi kejadian. Beringin yang roboh menimpa kabel listrik hingga merobohkan tiang listrik dan merobohkan tiang telepon.

Sebelum melakukan penanganan, TRC BPBD berkoordinasi dengan PLN agar aliran listrik diputus sementara. Selanjutnya petugas TRC BPBD melakukan pemotongan batang beringin dibantu sekitar 30 krama Desa Adat Pekarangan. Wayan Madia menambahkan, beringin itu sempat tersambar petir hingga daunnya layu dan rontok. Beruntung saat roboh tidak menimbulkan korban. *k16

Komentar