nusabali

93 Film Tampil di Balinale Film Festival

Menjadi ajang dalam berkolaborasi antara sesama sineas

  • www.nusabali.com-93-film-tampil-di-balinale-film-festival

Sebanyak 93 film garapan sineas-sineas berbakat dari 28 Negara akan tampil di Balinale Internasional Film Festival yang digelar di CinemaXX Sidewalk, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari itu akan diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari pemutaran perdana, pertunjukan film-film, dan loka karya.

MANGUPURA, NusaBali
Founder Balinale, Deborah Gabinetti, mengungkapkan, Balinale Internasional Film Festival sudah memasuki tahun ke 13 saat ini. Bahkan, festival film ini sudah dikategorikan sebagai yang tertua di Indonesia. Sehingga akan menjadi acara yang memukau khalayak penggemar film Indonesia.

Dalam festival film ini sejumlah film Indonesia dan juga film garapan sineas Bali yang sudah didaftarkan telah diseleksi dan akan ditayangkan dalam kegiatan yang berlangsung selama 6 hari dari 24 -29 September.

"Selain pemutaran film dan pertunjukan film-film, tentu ada forum bagi para pembuat film Indonesia dan Internasional yang berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka di hadapan audiens profesional industri film," bebernya, Selasa (24/9) sore.

Dalam rangkaian acara itu, adapula kesempatan untuk dialog terbuka dan bersosialisasi dengan sesama pembuat film, serta sebuah kemungkinan untuk berkolaborasi di masa depan.

Topik-topik yang akan dibahas dalam sharing itu mulai dari cara memahami dan mempersembahkan cerita yang disenangi oleh penonton. Kemudian, Platform Indonesia yang cocok untuk perfilman.

Selanjutnya, terkait konten, para produser dan pembuat film berdiskusi tentang bagaimana cara mengekspor konten Indonesia dan topik terakhir Global Indonesia, produser Indonesia dan internasional membahas kesempatan dan tantangan dalam bekerja di pasar konten global.

"Tentu ini akan menjadi salah satu ajang dalam berkolaborasi antara sesama sineas. Baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri dalam menuangkan ide atau gagasan untuk menciptakan sesuatu yang akan diterima masyarakat dunia," harapnya

Dalam festival film itu, The King film garapan sutradara David Michod akan menjadi film pembuka dalam Festival itu. Untuk mengikuti festival ini, The King didatangkan langsung dari World Premier-nya di Venice Film Festival, festival film tertua di dunia.

Film yang merupakan drama historis berlatarkan abad ke-15 ini menampilkan aktor sekelas nominasi Oscar antaranya adalah Timothee Chalamet, Joel Edgerton, Sean Harris, Lily-Rose Depp, Robert Pattinson dan Ben Mendelsohn. "Untuk pembukaan film Internasional dan penutup nanti akan diputarkan film Bumi Manusia (Man’s Earth) yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diperankan oleh Iqbal Ramadhan," urainya.*dar

Komentar