nusabali

Kemenag Banjar Studi Banding WBK dan ZI

  • www.nusabali.com-kemenag-banjar-studi-banding-wbk-dan-zi

Rombongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, studi banding ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem, Senin (23/9).

AMLAPURA, NusaBali

Mereka mempelajari WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi. Kemenag Karangasem dinobatkan sebagai WBK terbaik Nasional 2018. Rombongan Kemenag Banjar dipimpin Drs Haji Izzuddin MAg.

Ketua Zona Integritas Kantor Kementerian Agama Karangasem, I Wayan Serinada menyampaikan langkah-langkah meraih gelar WBK dan ZI hingga menjadi terbaik nasional 2018. Syarat utama, hasil audit kinerja dari BPK tahun 2017 menunjukkan grafik peningkatan meraih skor 84,308, kategori berhasil. Inovasi Kantor Kemenag Karangasem yakni melakukan penyuluhan dengan menggunakan media bonderes (tari dan lawak). “Penghargaan ini jadi kado bagi saya yang jelang pensiun Desember 2019,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Karangasem Dr Ni Nengah Rustini.

Rustini menambahkan, kinerja di Kantor Kementerian Agama Karangasem terbuka, jujur melayani secara ikhlas. Bahkan dua pejabat Ombudsman RI Perwakilan Bali mengecek tiga pelayanan di Kantor Kementerian Agama Karangasem, Kamis (8/8). Ketiga pelayanan utama itu menyangkut pelayanan haji dan umroh, TPG (tunjangan profesi guru), dan pelayanan pasraman di desa adat.

Kedua Pejabat Ombudsman RI yang turun ke Karangasem yakni Tetin Oktarina dan Ketut Pageh. Ombudsman RI menanyakan teknis pelayanan naik haji, pembayaran tunjangan profesi guru agama, dan kegiatan pasraman. Hanya saja tidak ada dialog dalam pertemuan singkat itu. Sebab rombongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar buru-buru balik karena telah sore. Segala materi yang dimiliki Kantor Kementerian Agama Karangasem diserahkan dalam bentuk soft copy. *k16

Komentar