nusabali

2 Sekolah di Klungkung Maju Lomba PKTP Tingkat Provinsi

  • www.nusabali.com-2-sekolah-di-klungkung-maju-lomba-pktp-tingkat-provinsi

Dua sekolah di Klungkung lolos dalam Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019.

SEMARAPURA, NusaBali

Dua sekolah ini, SDN 2 Tangkas dan SMPN 1 Dawan. Penilaian lomba oleh tim dipusatkan di SMPN 1 Dawan, Senin (23/9) pagi. Kedatangan tim penilai dipimpin Wakil Ketua II Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Bali (Koordinator), Tjokorda Gede Dharmayuda, disambut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Bupati didampingi Ketua TP-PKK Klungkung Ny Ayu Suwirta. Turut hadir, Wakil Ketua TP-PKK Klungkung Ny Sri Kasta, Camat Dawan Anak Agung Gede Putra Wedana, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung Ni Made Adi Swapatni serta undangan terkait lainnya.

Wakil Ketua II YKI Cabang Bali Tjokorda Gede Dharmayuda, mengatakan PKTP mulai menyasar sekolah baik SD, SMP, SMA dengan harapan pengetahuan tentang perjalanan penyakit kanker secara dini dapat dimengerti dan diketahui anak-anak, sehingga perilaku dan pola hidup bersih dan sehat dapat meningkat baik di kalangan siswa, pengelola kantin dan guru sekolah. "Pelaksanaan lomba PKTP ini sebagai upaya untuk mengentaskan penyakit kanker di Bali. Beragam upaya dilaksanakan termasuk upaya pencegahan sejak dini yang dapat dilakukan dari sekolah," ujarnya.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penyakit kanker dan bagaimana cara-cara pencegahan yang dapat dilakukan sejak dini. "Kami berharap dari lomba ini mampu menjadi wahana sosialisasi tentang pola hidup sehat, serta upaya preventif dalam mencegah penyakit kanker. Pemahaman tentang kanker di masyarakat harus ditingkatkan, sehingga harapan Pulau Bali bebas dari kanker dapat terwujud dan menjadi provinsi terendah terkena penyakit kanker," harapnya.

Tjokorda menjelaskan, berdasarkan penelitian di Indonesia maupun di dunia membuktikan bahwa sebagian besar atau 80 persen kanker paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. Dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Klungkung yang tegas dalam penanggulangan penyakit kanker dari mengajak masyarakatnya untuk berhenti merokok, larangan iklan rokok dan kawasan tanpa rokok (KTR).

Bupati Suwirta mengatakan kebijakan pengendalian kanker dari pemerintah menitikberatkan pada upaya promotif-preventif yaitu peningkatan perilaku sehat usia dini seperti tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, deteksi dini dan pengobatan kemandirian. Sebagai implementasi preventif masalah kanker, dimana di Kabupaten Klungkung sudah memiliki perda KTR sejak tahun 2014 untuk KTR. "Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan salah satunya dengan tegas larangan iklan rokok dan kawasan tanpa rokok di Kabupaten Klungkung," ujar Bupati Suwirta.

Dirinya berpesan kepada para kepala sekolah untuk menjaga kerindangan, kebersihan mengajak untuk menyadari arti penting kesehatan itu sendiri. "Lomba ini tentu tidak dinilai dari dokumen saja, tetapi lebih lanjut seberapa jauh daripada kebenaran dokumen itu sudah dilakukan," imbuhnya. *wan

Komentar