nusabali

Bima Terapkan Metode Luis Milla

Indonesia Wakil Tunggal ASEAN di Piala AFC U-16

  • www.nusabali.com-bima-terapkan-metode-luis-milla

Timnas Indonesia U-16 akhirnya memastikan lolos ke putaran final Piala AFC U-16 2020 di Bahrain.

JAKARTA, NusaBali

Indonesia lolos sebagai salah satu dari empat tim runner up terbaik pada fase kualifikasi. Indonesia jadi wakil tunggal atau satu-satunya tim dari zona Asia Tenggara.  

Dikutip dari laman resmi PSSI, di Jakarta, Senin (23/9), sebagai empat tim runner up terbaik, Indonesia lolos bersama Yaman, Uzbekistan dan Oman. Selain itu, juga ada 11 tim yang lolos ke Piala Asia U-16 sebagai juara grup kualifikasi, serta satu tim tuan rumah Bahrain.

Pada 2018, ada empat negara Asia Tenggara (ASEAN) di Piala AFC U-16, yakni Malaysia sebagai tuan rumah, Thailand, Vietnam dan Indonesia. Saat itu Indonesia menjadi tim terbaik di antara keempat negara tersebut, setelah lolos ke delapan besar.

Setelah laga terakhir lawan China, skuat Timnas U-16 dibubarkan. Namun, pelatih Bima Sakti berencana mengadakan pemusatan latihan (training centre) setiap satu bulan sekali.

Menurut Bima Sakti, dirinya belajar dari mantan pelatih Timnas Indonesia sebelumnya, Luis Milla Aspas, untuk sering mengumpulkan para pemain agar kekompakan tetap terjaga.

"Kami berencana mengadakan program bulanan untuk Timnas Indonesia U-16. Belajar dari coach Luis Milla, sebulan harus ada program atau TC," kata Bima Sakti.

Mengenai lokasi TC, Bima Sakti menyiapkan beberapa alternatif. Saat ini, yang menjadi opsi adalah Yogyakarta dan Malang. Sebelumnya, sejumlah tempat di Jabodetabek dijadikan tempat TC Timnas U-16, yakni di Jakarta, Bogor, dan Cikarang (Bekasi).

"Mereka akan kembali ke klub dan berlaga di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16. Kejuaraan-kejuaraan lain juga sangat membantu," kata Bima Sakti.

Selain itu, Bima juga berencana ke pelosok nusantara mencari pemain baru bagi timnya. Langkah ini diambil agar skuat Garuda Muda semakin kuat di Piala AFC U-16 2020.  Bima juga akan terus mengevaluasi. Satu di antaranya ialah mempertajam penyelesaian akhir, kondisi fisik pemain, dan pengaturan tempo permainan. *ant

loading...

Komentar