nusabali

Warga Berharap di Pantai Yeh Gangga Dilengkapi Lifeguard dan Pol Air

  • www.nusabali.com-warga-berharap-di-pantai-yeh-gangga-dilengkapi-lifeguard-dan-pol-air

Pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan/Kabupaten Tabanan belum ada lifeguard maupun Polisi Air (Pol Air).

TABANAN, NusaBali

Padahal pantai yang berada di pusaran kota Tabanan ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk berwisata air.

Salah seorang warga Yeh Gangga, Gede Januarta mengatakan masyarakat di Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan menginginkan adanya Pol Air yang stand by di Yeh Gangga. Hal itu karena kunjungan ke pantai sudah ramai, apalagi sejak adanya wisata air, setiap Sabtu dan Minggu selalu padat wisatawan. “Ini demi keamanan di Pantai Yeh Gangga,” ujarnya, Minggu (22/9).

Dikatakannya, sebelumnya sudah sempat ada Pol Air yang stand by di Pantai Yeh Gangga. Namun pindah ke Tanah Lot. “Posnya ada di Pantai Yeh Gangga sampai saat ini, tidak tahu alasannya mengapa pindah ke arah timur. Padahal kami sangat menginginkan adanya Pol Air,” harapnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Bendesa Adat Yeh Gangga Ketut Dolia. Sepengetahuannya, sekitar empat tahun lalu sudah ada Pol Air Polres Tabanan yang berjaga di Pantai Yeh Gangga. Namun ditarik tugasnya untuk stand by di Tanah Lot. “Berkaitan hal itu kami menginginkan kembali ada Pol Air yang berjaga di Pantai Yeh Gangga,” ungkapnya.

Menurut Dolia adanya Pol Air di Pantai Yeh Gangga bertujuan untuk keamanan. Apalagi kunjungan di Yeh Gangga sudah mulai ramai. “Dengan adanya Pol Air, kami masyarakat dan pengunjung merasa lebih aman dan nyaman,” ucapnya.

Selama ini dengan tidak adanya Pol Air di Pantai Yeh Gangga, untuk proses penyelamatan ketika ada orang tenggelam dilakukan oleh masyarakat setempat atau nelayan. “Jadi tolong dijembatani agar ada Pol Air yang stand by di Pantai Yeh Gangga, dengan tujuan keamanan sehingga orang-orang yang berkunjung merasa leluasa bahkan dapat mencegah terjadinya pencurian. Karena sebelumnya kotak punia di WC umum pernah hilang,” ungkap Dolia.

Sementara itu, Kasat Pol Air Polres Tabanan Iptu Gusti Ngurah Bagus Astawa menyatakan sejarahnya kenapa tidak ada lagi Pol Air yang stand by di Yeh Ganggai, belum diketahui. Namun Kapolres sudah mengetahui bahwa di Pantai Yeh Gangga tidak ada Pol Air. “Lebih jelasnya Kapolres nanti yang menjawab ya,” tuturnya.

Menurut Iptu Bagus Astawa meskipun tidak ada yang stand by khususnya di Pantai Yeh Gangga, sudah dilakukan patroli sejak pagi hingga siang tergantung dinamika di pantai. Bahkan tidak hanya di Pantai Yeh Gangga, di pesisir pantai yang ada di Tabanan juga menjadi atensi. Dan kalau ada kegiatan dan permintaan khusus, tetap diatensi.

Ditambahkan untuk pos Polisi Air di Tabanan itu berada di kawasan DTW Ulun Danu Beratan. Namun seluruh pantai tetap dilakukan patroli setiap harinya. *des

Komentar