nusabali

Indonesia Gilas Brunei 8-0

  • www.nusabali.com-indonesia-gilas-brunei-8-0

Saya menuntut ke pemain. Mereka harus maksimal di laga terakhir melawan China. Memimpin Klasemen, China unggul selisih gol 29-0, dan Indonesia 27-1.

JAKARTA, NusaBali

Timnas Indonesia U-16 menggasak Timnas Brunei Darussalam U-16 pada laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Garuda Asia menang telak 8-0. Sedangkan pada laga sebelumnya China menang 15-0 atas Kepulauan Mariana Utara.

Gol-gol Indonesia dicetak Mochamad Faizal Shaifullah, Ruy Arianto, dan Aditya Daffa masing-masing mempersembahkan dua gol, sedangkan dua gol lainnya tercipta dari tendangan penalti Ahmad Athallah  dan Marselino Ferdinan.

Meski menang besar, posisi Indonesia tergeser oleh China. Kedua tim sama-sama memiliki 9 poin dari tiga laga. Namun China unggul selisih gol 29-0, dan Indonesia 27-1. Brunei di peringkat 4 dengan 3 poin.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi China di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (22/9). Laga tersebut akan menjadi penentuan bagi kedua tim untuk lolos langsung ke Piala AFC U-16. Sebanyak 11 juara grup plus empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final.

"Saya menuntut ke pemain. Mereka harus maksimal di laga terakhir melawan China," kata pelatih Timnas U-16 Bima Sakti.

Berlaga di Stadion Madya, Senayan, Jumat (20/9) malam, Indonesia langsung menekan Brunei. Pelatih Bima Sakti tetap mengandalkan Marselino Ferdinan dan Ahmad Athallah Araihan yang  merupakan pencetak gol terbanyak Garuda Asia dengan masing-masing membuat enam dan lima gol di Grup G.

Indonesia mengurung Brunei Darussalam sejak menit pertama. Ahmad Athallah Araihan mencetak gol pertama pada menit ke-15 dari tendangan penalti, setelah wasit Abdullah Ali Al-Marri dari Qatar menunjuk titik putih akibat Ruy Arianto dijatuhkan pemain Brunei.

Setelah itu, Indonesia semakin gencar menyerang. Indonesia menggandakan keunggulan lewat sundulan Aditiya setelah menyambut sepak pojok Ruy Arianto.

Indonesia menambah lagi gol pada babak kedua ketika pada menit ke-47 Marselino Ferdinan memasukkan bola dari titik puti setelah bek Brunei Muhammad Aqil menjatuhkan Marselino di kotak penalti.

Setelah itu, kran gol Indonesia kain deras mengucur ketika Garuda Asia mengubah kedudukan menjadi 4-0 berkat gol sundulan Muhammad Faizal Shaifullah pada menit ke-61. Kemudian, Ruy Arianto dan Faizal menorehkan gol kelima dan keenam pada menit ke-63 dan 68.

Ruy Arianto menciptakan gol kedunya pada menit ke-83, sedangkan Aditiya Daffa menutup laga pesta gol Indonesia ini lewat penyelesaian sempurna pada menit ke-88 yang mengubah skor menjadi 8-0. *ant

Komentar