nusabali

Wisatawan Australia Terbanyak

  • www.nusabali.com-wisatawan-australia-terbanyak

Tiga negara, yaitu Tiongkok, Australia, dan India masih menjadi penyumbang wisatawan terbanyak, dengan jumlah kumulatif wisatawan dari Januari hingga Agustus mencapai 1.895.403.

MANGUPURA, NusaBali

Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung mencatat kunjungan wisatawan asal Australia mengungguli wisatawan asal Tiongkok. Bahkan, dalam pencatatan selama 4 bulan tahun 2019, secara berturut-turut wisatawan asal Negeri Kangguru itu berada di posisi pertama dalam menunjang pelancong ke Pulau Dewata.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry AY Sikado memaparkan, pencatatan yang dilakukan oleh pihaknya dalam kurun waktu 8 bulan terakhir ini, secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 1 persen.

Dimana dalam pencatatan tahun 2018 lalu, wisatawan yang masuk berkisar 4.110.691 orang, sedangkan pada tahun 2019 ini meningkat menjadi 4.146.589 orang atau ada pertumbuhan 35.898 wisatawan. Dari pencatatan secara keseluruhan, wisatawan asal Tiongkok masih berada di puncak teratas, disusul Australia dan India. "Wisatawan mancanegara yang kami layani sepanjang tahun ini hingga bulan Agustus selalu konstan menunjukkan pertumbuhan dibandingkan angka di tahun 2018. Dibanding dengan periode yang sama di tahun lalu, pertumbuhan wisatawan sepanjang delapan bulan berjalan di tahun 2019 ini mencapai 1 persen," ungkapnya, Jumat (20/9) siang.

Meski secara garis besar peringkat pertama masih diduduki wisatawan asal Tiongkok dengan jumlah 853.330, kemudian disusul oleh Australia dan India, masing-masing dengan 795.046 dan 247.027 wisatawan. Namun, pada pencatatan dalam kurun waktu 4 bulan terakhir (Mei-Agustus), wisatawan asal Australia justru menduduki posisi pertama. Sementara posisi Tiongkok pada posisi kedua, sebaliknya India pada posisi ketiga. "Pada pencatatan kedatangan wisatawan di bulan Agustus 2019, Australia masih menduduki peringkat pertama dengan jumlah kunjungan sebanyak 116.262 wisatawan. Australia kembali mengungguli Tiongkok, yang kembali menduduki posisi kedua, dengan 111.165 wisatawan yang datang ke Bali selama 31 hari pencatatan di bulan Agustus 2019 ini," urainya seraya mengakui pada periode Agustus ini, Perancis juga menyumbang 34.330 wisatawan.

Lebih jatuh dipaparkan Sikado, bahwa tiga negara, yaitu Tiongkok, Australia, dan India masih menjadi penyumbang wisatawan terbanyak, dengan jumlah kumulatif wisatawan dari Januari hingga Agustus mencapai 1.895.403 wisatawan mancanegara. Jumlah sebanyak ini menyumbang 64 persen dari total kedatangan wisatawan di sepanjang 8 bulan ini. Masih menurut Sikado, tren peningkatan ini diharapkan bisa terus berlanjut kedepannya, apalagi dalam waktu dekat, akan ada satu maskapai asal luar negeri yang akan membuka rute baru menuju Bali. "Dengan bertambahnya rute ini, akan semakin meningkatkan konektivitas Bali dengan dunia, dan akan menjadi suatu faktor penting dalam peningkatan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara menuju Bali," tuturnya. *dar

Komentar