nusabali

Balai Bahasa Bali Penyuluhan di Buleleng

  • www.nusabali.com-balai-bahasa-bali-penyuluhan-di-buleleng

Pemkab Buleleng dan Balai Bahasa Provinsi Bali dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengadakan penyuluhan penggunaan bahasa media luar ruang yang diikuti perwakilan perangkat daerah se-Buleleng di Ruang Rapat Setda Kabupaten Buleleng, 18-20 September 2019.

SINGARAJA, NusaBali

Kepala Balai Bahasa Bali Toha Machsum  mengatakan penggunaan tata bahasa yang digunakan selama ini masih banyak yang keliru. Melalui kegiatan penyuluhan ini, ia berharap Balai Bahasa Bali mampu memberikan wawasan dan pencerahan tentang tata bahasa, tentu Bahasa Indonesia harus tetap menjadi bahasa yang utama. "Gunakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan pelajari bahasa asing," katanya saat menyampaikan materi dalam penyuluhan itu.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahtraan Rakyat, Provinsi Bali, Ni Made Rousmini, yang membuka acara secara resmi menjelaskan kegiatan diawali dengan tes untuk mengetahui kemampuan peserta dalam hal penggunaan tata bahasa.

"Sudah sepatutnya kita menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Martabat Bahasa Indonesia bukan hanya tanggung jawab Balai Bahasa Bali selaku lembaga kebahasaan, tetapi juga merupakan tanggung jawab pemerintah daerah agar Bahasa Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri, sekaligus melestarikan bahasa daerah Bali sebagai lambang jati diri kedaerahan agar tidak terancam punah," katanya.

Menurut Rousmini, penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan serta meningkatkan pengetahuan dan pencerahan tentang tata bahasa, tentang pemilihan dan penggunaan bahasa yang baik dan benar. Penyuluhan inipun dikhususkan untuk pegawai di bidang administrasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait penggunaan tata bahasa yang kurang tepat.

Ia berharap peserta penyuluhan benar-benar mengikuti kegiatan sampai tuntas agar nantinya mampu mengetahui penggunaan tata bahasa yang tepat di lingkungan pemerintahan maupun di ruang publik serta memberikan masukan kepada lembaga ataupun pimpinan tempat bekerja. "Saya harap peserta memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengikuti penyuluhan ini untuk hasil yang maksimal," katanya. *ant

Komentar