nusabali

Dua Camat di Tabanan 'Menangkan' Kursi Kadis

  • www.nusabali.com-dua-camat-di-tabanan-menangkan-kursi-kadis

Dua camat di Tabanan berpeluang besar menangkan kursi jabatan Eselon II Pemkab Tabanan, setelah menduduki tangga teratas dalam proses lelang (seleksi terbuka) yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel).

TABANAN, NusaBali

Mereka adalah Camat Kerambitan I Gede Sukadana dan Camat Selemadeg Timur, I Gusti Putu Ngurah Darma Utama.

Bocoran yang diperoleh NusaBali di Tabanan, Kamis (19/9), I Gede Sukanada menduduki ranking teratas dalam seleksi terbuka calon Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Tabanan, dengan nilai 79,17. Camat Kerambitan ini mengungguli dua camat lainnya dalam seleksi calon Kadis Pariwisata Tabanan, masing-masing I Made Murdika (Camat Kediri yang berada di posisi kedua dengan nilai 66,67) dan I Putu Agus Hendra Manik Mistawa (Camat Pupuan yang menduduki peringkat tida dengan nilai 41,67).

Sedangkan IGP Ngurah Darma Utama menduduki tangga teratas dalam seleksi calon Kadis Perhubungan Tabanan, dengan nilai 70,83. Camat Camat Selemadeg Timur ini mengungguli I Putu Adi Supraja (Sekertaris Satpol PP Tabanan/nilai 58,33) dan I Gusti Nyoman Suarya (Kabag Organisasi Setda Kabupaten Tabanan/ nilai 50,00).

Ada total 4 jabatan Eselon II Pemkab Tabanan yang dilakukan pengisian melalui proses lelang, untuk mengisi kursi lowong karena pejabat sebelumnya dimutasi. Selain kursi Kadis Perhubungan dan Kadis Pariwisata Tabanan, dua jabatan lainnya yang diperebutkan melalui proses lelang, masing-masing kursi Kadis Pendidikan Tabanan dan Kadis Kominfo Tabanan.

Untuk seleksi calon Kadis Kominfo Tabanan, tangga teratas diduduki I Putu Dian Setiawan, yang kini menjabat Kabag Humas Setda Kabupaten Tabanan. Dalam seleksi, Putu Dian Setiawan meraih nilai tertinggi 70,83. Dian Setiawan mengungguli I Nengah Wisnu Wardana (Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat Tabanan/nilai 58,33) dan I Wayan Suradigama (Sekretaris Dinas Kominfo Tabanan/nilai 45,83).

Sebaliknya, untuk seleksi calon Kadis Pendidikan Tabanan, posisi teratas ditempati I Nyoman Putra, yang kini menjabat Kabag Umum Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Tabanan, dengan nilai 79,17. Nyoman Putra mengungguli     Ni Luh Gede Sukardiasih (Wakil Direktur BRSUD Tabanan/nilai 66,67) dan I Ketut Ridia (Camat Baturiti/nilai 58,38).

Sekadar catatan, dalam seleksi terbuka pejabat Eselon II di daerah lainnya, seperti Pemkab Klungkung, Pemkab Buleleng, dan Pemprov Bali, peraih peringkat tertinggi dalam proses lelang otomatis terpilih menduduki jabatan Eselon II yang diperebutkan. Jika ketentuan ini berlaku juga di Tabanan, maka Camat Kerambitan I Gede Sukanada dipastikan akan memenangkan kursi jabatan Kadis Pariwisata Tabanan, sementara Camat Selemadeg Timur IGP Ngurah Darma Utama akan menduduki jabatan Kadis Perhubungan.

Betulkah? Saat dikonfirmasi NusaBali, Kamis kemarin, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Tabanan, Wayan Sugatra, mengatakan tiga besar nama di masing-masing jabatan yang diperebutkan dalam seleksi di Pansel, belum turun hasilnya. "Belum.., sabar ya. Nanti dijawab dengan sistem, ini juga saya masih koordinasi di BKN (Badan Kepegawaian Nasional)," kilah Wayan Sugatra.

Disinggung apakah nama yang memperoleh nilai tertinggi dalam seleksi nantinya otomasit akan ditetapkan menjadi kepala dinas, Sugatra mengaku belum tahu. “Itu adalah kewenangan pimpinan (Bupati Tabanan) menentukannya. Setelah nanti rekomendasi turun, Bupati yang akan menentukan siapa yang dipilih,” tandas Sugatra.

Sementara itu, Camat Kerambitan Gede Sukanada mengaku menghargai proses yang sedang berjalan dalam seleksi terbuka jabatan Eselon II ini. Sukanada sendiri mengaku belum tahu kalai namanya masuk peringkat teratas dalam seleksi jabatan calon Kadis Pariwisata.

“Saya belum tahu. Kalau toh ada isu saya peringkat teratas, yang jelas saya tidak perenah memikirkan isu,. Saya masih menunggu proses ini. Apa pun hasilnya, saya menghargai dan menghormati proses. Keputusan ada di pimpinan (Bupati Tabanan)," ujar Sukanada saat dikonfirmasi NusaBali terpisah, Kamis kemarin.

Paparan senada juga disampaikan Camat Selemadeg Timur, IGP Dharma Putra, yang disebut-sebut menduduki tangga teratas calon Kadis Perhubungan Tabanan. Dharma Putra mengaku belum mengetahui hasil seleksi, karena masih dalam proses. "Intinya saya masih nunggu keputusan Bupati,” sergah Dharma Putra.

Empat (4) kursi jabatan Eselon II Tabanan itu sendiri sudah lowong selama 7 bulan pasca mutasi, 4 Februari 2019 lalu. Jabatan Kadis Pendidikan Tabanan praktis lowong alias tanpa tuan, setelah pejabat sebelumnya, I Gede Susila, promosi menjadi Sekda Tabanan, awal Februari 2019 lalu. Saat ini, Asisten I Setda Tabanan, I Wayan Miarsana, ditugasi merangkap sebagai Plt Kadis Pendidikan.

Sedangkan jabatan Kadis Pariwisata Tabanan lowong setelah pejabat sebelumnya, I Made Yasa, dimutasi menjadi Kadis Koperasi dan UKM Tabanan, 4 Februari 2019 lalu. Saat ini, Made Yasa masih ditugasi merangkap jabatan sebagai Plt Kadis Pariwisata Tabanan.

Sedangkan jabatan Kadis Kominfo Tabanan menjadi ‘tanpa tuan’ setelah pejabat sebelumnya, I Nyoman Sumartana, dimutasi menjadi Staf Ahli Bupati Tabanan, 4 April 2019. Saat ini, Asisten II Setda Tabanan, AA Gede Dalem Trisna Ngurah, ditugasi merangkap sebagai Plt Kadis Kominfo Tabanan.

Awalnya, Plt Kadis Kominfo Tabanan sempat dipegang oleh Made Agus Harta Wiguna (yang saat itu menjabat Kadis Perhubungan Tabanan) ketika Nyoman Sumartana dimutasi menjadi Staf Ahli Bupati. Namun, setelah Made Agus Harta Wiguna dimutasi menjadi Asisten III Setda Tabanan, jabatan Kadis Perhubungan Tabanan praktis lowong. Saat ini, Made Agus Harta Wiguna ditugasi merangkap sebagai Plt Kadis Perhubungan Tabanan. *des

loading...

Komentar