nusabali

Kasdim: Positif Narkoba Oknum TNI Disanksi Pecat

  • www.nusabali.com-kasdim-positif-narkoba-oknum-tni-disanksi-pecat

Jika ada oknum anggota TNI terbukti positif mengkonsumsi narkoba akan diancam hukuman pemecatan atau pemberhentian secara tidak hormat.

AMLAPURA, NusaBali

Apalagi TNI merupakan garda terdepan dalam bidang pertahanan dan keamanan negara. Pernyataan itu ditegaskan Kasdim Karangasem, Mayor CZi Sobirin Setyo Utomo, di sela-sela menggelar tes urine menyasar 56 anggota termasuk pegawai sipil di Makodim Karangasem Jalan Sudirman Amlapura, Rabu (18/9).

Tes urine dilakukan jajaran BNNK (Badan Narkotika Nasional Kabupaten) Karangasem, dikoordinasikan Kasi P2M (Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat) I Nengah Gunawan, dibantu Kasi Rehabilitasi I Made Widana, dan Kasubag Umum BNNK Karangasem I Wayan Suartawa. Kasdim Mayor Sobirin mengingatkan jajarannya, agar jangan coba-coba bermain-main dengan narkoba. Selain kena sanksi berat dari instansi tempatnya bekerja, juga terancam dipidana.

Dari 156 anggota Makodim beserta staf sipil yang rencananya masuk agenda tes urine, yang hadir hanya 56 orang, hasilnya semuanya negatif. Sedangkan yang lainnya masih menjalankan tugas dinas. Sisanya katanya, wajib menjalani tes di jadwal berikutnya.

"Kami berencana menggelar tes urine secara bertahap setiap tiga bulan sekali, pada akhirnya semua petugas di lingkungan Kodim Karangasem mengikuti test urine," tambahnya.

Sebelum mengambil sampel urine, terlebih dahulu jajaran BNNK Karangasem menggelar sosialisasi dampak dari bahaya narkoba tersebut. Petugas memaparkan jenis-jenis narkoba, dan bahaya yang ditimbulkan untuk kesehatan tubuh.

Kasi P2M BNNK Karangasem, I Nengah Gunawan, mengatakan bagi yang pernah mengonsumsi narkoba, tidak bisa menghindar dan pada akhirnya ketahuan melalui tes urine yang telah  memuat lima jenis narkoba. Nantinya, alat rapid tes yang mengungkap, pihak yang pernah mengonsumsi narkoba termasuk jenis narkoba yang dikonsumsi. Bahkan alat tersebut juga merekam pihak-pihak yang tengah mengonsumsi obat, karena sakit. Jika yang mengonsumsi obat, hasil tes menunjukkan positif mengonsumsi benzo.

Tes urine dilakukan kata Gunawan, sebagai langkah-langkah pencegahan, agar tidak terpengaruh narkoba terutama memulai dari diri sendiri, lingkungan tempat kerja, lingkungan keluarga, dan sedapat mungkin ditularkan ke masyarakat. *k16

loading...

Komentar