nusabali

Basarnas Gelar Latihan Bersama

  • www.nusabali.com-basarnas-gelar-latihan-bersama

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Denpasar menggelar latihan bersama potensi Search And Rescue (SAR) dari Kodam IX Udayana, Polda Bali, Lanud Ngurah Rai, Lanal Denpasar, Korem 163 Wirasatya, Polair Polda Bali, BPBD Provinsi Bali, KSOP Benoa.

MANGUPURA, NusaBali

Latihan yang digelar selama dua hari itu dibuka oleh Direktur Kesiapsiagaan Basarnas, Didi Hamzar, pada Rabu (18/9). Didi Hamzar mengatakan latihan bersama ini dilakukan di wilayah perairan. Latihan yang digelar sejak kemarin hingga hari ini di Pelabuhan Benoa, Kecamatan Denpasar Selatan ini bertujuan untuk meningkatakan kesiapasiagaan dari personel Basarnas juga untuk meningkatakan koordinasi dengan potensi SAR lainnya. Mengingat Bali merupakan daerah pariwisata yang sebagian besar objeknya adalah wilayah pantai.

“Kita ketahui bersama Bali merupakan primadona pariwisata yang populer di Indonesia. Seni budaya serta pesona alamnya menjadi magnet bagi wisatawan asing dan lokal. Salah satu yang menjadi andalan pariwisata Bali adalah wisata tirta, seperti diving, snorkling, olah raga air dan banyak lagi aktifitas di perairan,” tutur Didi Hamzar yang merupakan mantan Kepala Kantor Basarnar Denpasar 2013-2017 ini.

Di balik pesona itu ada potensi bahaya yang mengancam keselamatan para wisatawan. Oleh karenanya dibutuhkan kerja sama antar intansi. Berdasarkan data musibah, Kantor Basarnas Bali pada tahun 2018 tercatat penanganan kondisi membahayakan manusia sebanyak 61 kejadian dan tahun ini dari bulan Januari hingga Agustus sebanyak 31 kejadian.

Salah satu upaya dari Basarnar untuk menekan adanya korban jiwa adalah melakukan latihan SAR. Di manasa Basarnas menyelenggarakan latihan secara rutin setiap tahunnya. Latihan SAR merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam pelayanan SAR di Provinsi Bali secara komprehensif.

“Latihan bersama ini untuk meningkatkan kemampuan, koordinasi, dan kerja sama antarpotensi SAR di Bali. Makanya tema kegiatan kali ini adalah Melalui Latihan SAR Daerah Tahun 2019 Kita  Wujudkan Insan SAR yang Profesional, Sinergitas dan Militan,” lanjut Didi Hamzar.

Namun demikian Basarnas tetap membutuhkan kerja sama dari masyarakat. Keberhasilan Basarnas tidak akan berhasil apabila tidak ada kerjasama dan koordinasi yang baik bersama instansi berpotensi SAR lainnya. “Informasi dari masyarakat sangat dibutuhkan. Latihan ini akan lebih bermanfaat jika ada koordinasi yang baik dengan potensi SAR dan masyarakat,” tandasnya. *pol

loading...

Komentar