nusabali

Badung Serahkan Dana Hibah untuk Gianyar Rp 12,5 Miliar

  • www.nusabali.com-badung-serahkan-dana-hibah-untuk-gianyar-rp-125-miliar

Pemkab Badung kembali menyerahkan dana hibah untuk Pemkab Gianyar sebesar Rp 12,5 miliar, Rabu (18/9), di Jaba Pura Kahyangan Tiga Banjar Bangunliman, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh.

MANGUPURA, NusaBali

Penyerahan kali ini adalah untuk kedua kalinya, setelah pada 10 April 2019 lalu, Pemkab Badung menyerahkan dana hibah sebesar Rp 18 miliar.

Kehadiran Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta disambut dengan tari Anoman, tari Baris Tumbak, tari Kecak, dan tari Pendet oleh ibu-ibu PKK. Hadir di acara tersebut Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Badung I Wayan Suambara, Kepala Bappeda Badung I Made Wira Dharmajaya, Kadis PMPTSP Badung I Made Agus Aryawan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Badung AA Ngurah Bayu Kumara Putra, Kepala Bagian Hukum Setda Badung I Nyoman Argawa, Kepala BPKAD Badung I Ketut Suyasa, Kabag Humas Setda Badung I Made Suardita, dan Kabag Umun Kabupaten Badung I Nyoman Suardana.

Sementara dari Pemkab Gianyar di antaranya Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun, Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Ida Ayu Surya Adnyani. Hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Gianyar I Wayan Tagel Winarta, anggota DPRD Kabupaten Gianyar, serta tokoh masyarakat Gianyar.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya mengatakan penyerahan dana hibah ini merupakan program ‘Badung Angelus Bhuana’ yang bermakna ‘Badung Berbagi dari Badung untuk Bali’. Menurutnya, sudah menjadi komitmen Pemkab Badung sejak awal untuk meringankan beban masyarakat umat sedharma di dalam melestarikan dan menjaga, adat, tradisi, seni, dan budaya Bali.

“Kebijakan politik anggaran Bupati Badung bersama Bupati Gianyar yang sudah mengadakan kesepakatan dengan penandatanganan MoU, dimana Bupati Giri Prasta memberikan hibah untuk Kabupaten Gianyar sebesar Rp 30,5 miliar dan dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama sebesar Rp18 miliar dan sekarang berlanjut ke tahap kedua sebesar Rp 12,5 miliar,” kata Bupati Giri Prasta.

“Kami memiliki konsep One Island One Management, Satu Pola Satu Tata Kelola, Satu Pulau Satu Wawasan. Semakin banyak yang akan kita ajak bekerja semakin ringan beban krama Bali ini. Karena itu saya mengajak sameton, tokoh-tokoh krama Bali mari kita membangun, menjaga, dan melestarikan Pulau Dewata yang kita cintai ini di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tandasnya.

Wabup Gianyar AA Gde Mayun menyampaikan terima kasih atas pemberian bantuan hibah tahap kedua. “Mewakili Pemkab Gianyar dan segenap masyarakat Gianyar, kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya berupa dana hibah untuk membangun Kabupaten Gianyar dari Badung,” ujarnya.

Wabup AA Gde Mayun berjanji akan mengawasi penuh bantuan ini, sehingga pemanfaatannya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan dan tidak ada masalah nantinya. “Bantuan hibah tahap kedua ini dialokasikan untuk pembangunan bale banjar dan wantilan untuk Kecamatan Sukawati, Ubud, Blahbatuh, dan Gianyar. Sebanyak 18 unit bangunan bale banjar dan wantilan. Dengan adanya bantuan ini masyarakat Gianyar pada umumnya sangat merasa terbantu di bidang pembangunan,” tuturnya.

Wabup AA Gde Mayun menjelaskan penyerahan bantuan tahap pertama dilakukan di Tampaksiring, digunakan untuk belasan titik di tiga kecamatan, yakni Tampaksiring, Payangan, dan Tegallalang. *

Komentar