nusabali

Pemkab Klungkung Muspayang Pujawali di Pura Gunung Salak

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-muspayang-pujawali-di-pura-gunung-salak

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny Ayu Suwirta, menghadiri Pujawali di Parahyangan Agung Jagatkartha, Taman Sari Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, pada Purnama Sasih Katiga, Saniscara Paing Merakih, Sabtu (14/9).

SEMARAPURA, NusaBali

Hadir pula, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra dan sejumlah pimpinan OPD (oraganisasi perangkat daerah).  Bupati Suwirta bersama rombongan berbaur dengan krama pamedek dari penjuru nusantara untuk mengikuti persembahyangan bersama. Pujawali ke-14 tahun 2019 dipuput Ida Pedanda Oka Jelantik dari Griya Bogor, Ida Pedanda Istri Buruan Lor dari Griya Halim dan Ida Pedanda Singarsa dari Griya Cimahi.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan persembahyangan serangkaian Pujawali Parahyangan Agung Jagatkartha Taman Sari Gunung Salak sebagai wujud srada bhakti kehadapan Ida Bhatara yang berstana disini. Melalui Upacara ini, Bupati berharap umat sedharma selalu diberikan perlindungan dan kerahayuan serta diberikan tuntunan dalam melanjutkan pembangunan di Kabupaten Klungkung. "Semoga melalui Upacara ini seluruh umat selalu diberikan perlindungan dan kita di Kabupaten Klungkung diberikan tuntunan dalam melanjutkan pembangunan," ujar Bupati Suwirta.

Panitia Pujawali Parahyangan Agung Jagatkartha Taman Sari Gunung Salak Bogor ke-14, I Gede Darma Yusa menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi Pemkab Klungkung dalam pelaksanaan Upacara Pujawali ini. Menurut Dirga Yusa, rangkaian Pujawali diawali dengan prosesi Nedunang Ida Bathara, Ngebejiang dan Murwa Daksina sebelum nantinya dilinggihang dimasing-masing Pelinggih. Prosesi dilanjutkan dengan menggelar Upacara Pecaruan Manca Sata dan Padudusan. Upacara ini diiringi Topeng Sidakarya, Tari Rejang Dewa, Baris Gede dan Wayang lemah.

Upacara Nyineb akan dilaksanakan pada Radite Pon Tambir, Minggu (15/9), diawali dengan persembahyangan bersama, Nedunang dan Murwa Daksina. "Kami atas nama panitia dan pengempon mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Klungkung," ujar Darma Yusa. *wan

Komentar