nusabali

Diantar Belasan Perbekel, Adik Bupati Temui Sedana Arta

Sampaikan Aspirasi Usung Paket Arta-Brata untuk Pilkada Bangli 2020

  • www.nusabali.com-diantar-belasan-perbekel-adik-bupati-temui-sedana-arta

Menjelang setor berkas pendaftaran sebagai bakal Calon Wakil Bupati (Cawabup) Bangli untuk Pilkada 2020, adik Bupati Bangli I Made Gianyar yakni I Made Subrata temui Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Minggu (15/9) siang.

BANGLI, NusaBali
Seperti ketika ambil formulir di Sekretariat DPC PDIP sebelumnya, Made Subrata yang notabene Kepala Desa (Perbekel) Bunutin, Kecamatan Kintamani, Bangli kembali didampingi sejumlah Perbekel saat temui Sang Nyoman Sedana Arta kemarin.

Selain sejumlah Perbekel, beberapa tokoh masyarakat juga ikut mendampingi Made Subrata saat menemui Sang Nyoman Sedana Arta di kediamannya kawasan Lingkungan LC Aya, Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli, Minggu kemarin. Kedatangan mereka tiada lain untuk menyampaikan aspirasi paket Sedana Arta-Made Subrata (Arta-Brata) ke Pilkada Bangli 2020.

Pertemuan Made Subrata dan Sedana Arta kemarin siang berlangsung selama 2,5 jam, sejak pukul 11.30 Wita hingga 13.30 Wita. Ada belasan Perbekel dari Kecamatan Kintamani dan Kecamatan Bangli  yang mendampingi Made Subrata kemarin.

Mereka, antara lain, masing-masing Perbekel Belantih (Kecamatan Kintamani) I Nengah Wardana, Perbekel Batukaang (Kecamatan Kintamani) I Nyoman Yudana, Perbekel Se-lulung (Kecamatan Kintamani) I Putu Jaya Manala, Perbekel Catur (Kecamatan Kintamani) I Made Agus Antara, Perbekel Subaya (Kecamatan Kintamani) I Nyoman Diantara, Perbekel Abang Batu Dingding (Kecamatan Kintamani) I Made Diksa, Perbekel Trunyan (Kecamatan Kintamani) I Wayan Arjana, Perbekel Abangsongan (Kecamatan Kintamani) I Wayan Widana, Perbekel Kedisan (Kecamatan Kintamani) I Nyoman Gamayana, Perbekel Mengani (Kecamatan Kintamani) I Ketut Armawan, Perbekel Landih (Kecamatan Bangli) I Ketut Sudana. Mereka sebelumnya juga ikut mengantar Made Subrata saat ambil formulir bakal Cabup di Kantor Sekretariat DPC PDIP Bangli, Rabu (11/9) lalu.

Made Subrata sendiri enggan banyak komentar saat dikonfirmasi seusai menemui Sedana Arta, Minggu kemarin. Perbekel Bunutin ini memaparkan, pertemuan kemarin intinya menyampaikan aspirasi untuk usung pasangan Sedana Arta-Made Subrata sebagai Cabup-Cawabup Bangli ke Pilkada 2020.

“Aspirasi sudah disampaikan, jadi cukup di sini saja,” kata Subrata. Menurut Subrata, dirinya berencana mengembalikan berkas dan sekaligus resmi mendaftarkan pencalonannya di Sekretariat DPC PDIP Bangli, Senin (16/9) ini. “Nanti saat penyetoran berkas ke Kantor DPC PDIP, tidak perlu membawa massa,” tandas Subrata.

Sementara, Perbekel Abang Batu Dinding, I Made Diksa, menyatakan pertemuan di kediaman Ketua DPC PDIP Bangli, Minggu kemarin, intinya menyampaikan aspirasi untuk mengusung Paket Sedana Arta-Made Subrata ke Pilkada Bangli 2020. Dalam hal ini, Sedana Arta menempati posisi Calon Bupati (Cabup), sementara Subrata posisi Cawabup Bangli.

“Ketika pengambilan formulir, kami sudah sampaikan untuk kami mendukung Bapak Sedana Arta sebagai Calon Bupati, sementara wakilnya adalah Made Subrata,” terang Made Diksa seusai pertemuan, Minggu kemarin.

Menurut Made Diksa, para tokoh tahu betul kondisi di lapangan atau desa-desa terutama di Kintamani, sehingga apa yang menjadi aspirasi saat ini bisa terakomodasi. Namun demikian, pihaknya berkomitmen untuk mengikuti mekanisme hingga turunya rekomendasi Cabup-Cawabup Bangli dari DPP PDIP.

Terkait Paket Arta-Brata (Sedana Arta-Subrata) yang akan diusung, pihaknya siap untuk menggelar deklarasi di desa-desa. “Dengan mencuatnya Paket Arta-Brata di media, itu salah satu bentuk deklarasi. Namun, kami berniat deklarasi di desa-desa. Kami masih menunggu rekomendasi,” tandas Made Diksa.

Sementara itu, Sedana Arta menilai dengan banyaknya aspirasi yang masuk untuk usung Paket Arta-Brata di Pilkada Bangli 2019, tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan. “Dari pertemuan tadi, kami sepakat mengikuti mekanisme yang ada dan komitment menunggu rekomendasi dari Ketua Umum DPP PDIP (Megawati),” terang politisi PDIP asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli yang masih menjabat Wakil Bupati Bangli 2016-2021 ini.

Ditanya soal banyaknya pelamar posisi Cawabup Bangli di internal PDIP, menurut Sedana Arta, partainya tidak membatasi pencalonan. Siapa pun yang ingin mendaftar di PDIP, diberikan kesempatan yang sama, baik kader maupun non kader. Nanti akan ada prosedur yang harus dilalui.

“Calon-calon yang masuk nantinya akan disaring di DPD PDIP Bali. Tidak menutup kemungkinan ada nama yang dicoret atau muncul nama baru. Tidak hanya masuk dari DPC PDIP Bangli, tapi bisa juga dari pintu DPD PDIP Bali atau DPP PDIP,” jelas Sedana Arta.

“Nantinya akan dilaksanakan survei kandidat oleh DPD PDIP untuk mengetahui elektabilitas calon. Mungkin ada beberapa metode yang akan dilakukan dalam survei,” imbuh Sedana Arta yang sudah hampir pasti akan diusung PDIP sebagai Cabup Bangli ke Pilkada 2020.

Sedana Arta sendiri juga sudah mengambil formulir bakal Cabup Bangli di Sekretariat DPC PDIP Bangli, Sabtu (14/9). Sedana Arta---yang sudag dua periode menjadi Wakil Bupati Bangli mendampingi Made Gianyar (kakak kandung Made Subrata)---ambil formulis bersamaan denhan Wayan Diar, politisi PDIP asal Desa Belantih, Kecamatan Kintamani yang kini menjabat Ketua DPRD Bangli 2019-2024. Bedanya, Wayan Diar ambil formulir untuk posisi Cawabup Bangli.

Belakangan, Wayan Diar juga digadang-gadang akan menjadi tandem Sedana Arta di posisi Cawabup Bangli ke Pilkada 2020. Namun, sejumlah Perbekel yang berada di kubu Made Subrata ingin Wayan Diar tetap pegang jabatan sebagai Ketua DPRD Bangli. Apalagi, Wayan Diar yang notabene Sekretaris DPC PDIP Bangli merupakan politisi asal belahan Kecamatan Kintamani pertama sepanjang sejarah yang menjabat Ketua Dewan.

Di sisi lain, hingga Minggu kemarin tercatat ada 5 kandidat yang ambil formulir di Sekretarist DPC PDIP Bangli. Menurut Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon DPC PDIP untuk Pilkada Bangli 2020, dari jumlah itu, hanya satu yang ambil formulir bakal Cabup, yakni Sedana Arta. Sedangkan empat kandidat lannya ambil posisi Cawabup, termasuk Made Subrata dan Wayan Diar. *esa

Komentar