nusabali

Apindo Incar Pasar Ritel AS

Untuk Tingkatkan Ekspor RI

  • www.nusabali.com-apindo-incar-pasar-ritel-as

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menyebutkan bahwa para pengusaha yang tergabung dalam Apindo berencana untuk bisa menembus pasar ritel Amerika Serikat (AS) dalam rangka meningkatkan ekspor Indonesia.

JAKARTA, NusaBali

“Intinya yang mau dikonsentrasikan untuk menjual atau mengekspor untuk retailer AS,” katanya saat ditemui di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Jumat (13/9).

Hariyadi menuturkan untuk merealisasikan rencana tersebut langkah awal yang dilakukan adalah membangun kerja sama dengan para pelaku usaha Amerika Serikat  yang diwakilkan oleh kamar dagang AS atau US Chamber. “Kerja sama ini cukup menarik karena diinisiasi oleh kedua pihak, oleh asosiasi-asosiasi di Indonesia dan US Chamber,” ujarnya.

Selain itu, ia menuturkan bahwa para pengusaha yang berasal dari Indonesia juga akan melakukan roadshow  ke AS untuk bisa bertemu dengan eksekutif  dari perusahaan-perusahaan ritel asal AS tersebut. “Ini nanti akan diikuti oleh baik itu sifatnya roadshow untuk melihat secara langsung karena kita intinya langkah pertama itu yang kita lakukan,” katanya.

Tidak hanya pihak Indonesia yang berkunjung ke AS, namun para perusahaan ritel AS juga akan datang ke Indonesia untuk melihat secara langsung fasilitas produksi produk-produk Indonesia yang dipasarkan ke AS. Selanjutnya, pihak Indonesia dan AS akan membentuk sebuah komite bersama yang membantu dalam menjembatani perdagangan antara kedua belah pihak.

“Istilahnya adalah suatu komite bersama untuk menjembatani semua opportunity dan komunikasi antara kita produsen dan mereka sebagai retailer,” ujarnya.

Di sisi lain, Hariyadi masih belum bersedia menyebutkan target dalam transaksi tersebut karena masih belum diputuskan terkait produk yang akan dimaksimalkan untuk masuk AS. “Kita belum definisikan berapa karena belum tahu komoditasnya,” ujarnya. *ant

Komentar