nusabali

APJI Gelar Festival Kuliner Indonesia

  • www.nusabali.com-apji-gelar-festival-kuliner-indonesia

Digelar untuk mempromosikan kuliner Indonesia.

DENPASAR, NusaBali.com
Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) menggelar Fertival Jajan Pasar serta Pameran industri jasa boga, Jumat (13/9/2019) di Pantai Mertasari, Sanur, Kota Denpasar. Festival ini digelar guna mempromosikan kuliner Indonesia selama tiga hari hingga Minggu (15/9/2019) bersamaan dengan Rakernas V APJI.

Mengusung tagar #artfoodfestapji, festival ini diramaikan dengan 130 stan yang dibagi dalam beberapa zona. Mulai dari Zona Industri, Zona Fashion, Art and Beauty, Zona F&B yang di dalamnya terdapat area khusus untuk Vegetarian, Organic dan Healthy Food.

Festival ini juga menghadirkan sejumlah stan jajanan pasar yang diisi oleh seluruh perwakilan DPD APJI. Jajanan pasar populer dari berbagai daerah di Indonesia ditampilkan dalam acara tersebut.

Festival dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, I Putu Astawa yang mewakili Gubernur Bali Wayan Koster. Dalam sambutannya ia menyampaikan dukungannya pada festival kuliner ini.

Ia menilai festival ini penting untuk digelar untuk mengenalkan aneka ragam kuliner dan produk jasa boga lainnya. Terlebih, Bali menurutnya merupakan pintu gerbang dan jendela dunia. Beragam etnis dan beragam suku bangsa ada di Bali sehingga diharapkan akan mempercepat pengenalan kuliner dan produk jasa boga Indonesia pada masyarakat dunia. 

“Festival ini semoga menjadi inspirasi para penggiat kuliner Indonesia dan mendorong pertumbuhan produk jasa boga Indonesia,” ungkap Putu Aswata.

Hal yang senada juga disampaikan Siti Radarwati, Ketua Panitia Rakernas V APJI. Ia menyatakan Bali dipilih sebagai lokasi festival karena Bali merupakan tujuan wisata terpopuler di Indonesia maupun mancanegara. “Daerah ini memiliki kekhasan seni budaya yang turut memengaruhi industri jasa boga. Harapannya, industri jasa boga nusantara akan lebih dikenal lagi oleh masyarakat dunia,” ujar Siti. 

Lewat festival ini pengunjung bisa menikmati beragam industri kreatif dan sejumlah pelatihan. Di antaranya soal keamanan pangan oleh Aerofood (ACS), Start Up Business oleh Fatma Bahalwan dan Gapura Digital Google, dan Training Fruit and Vegetable Carving oleh Kitchen Artist I Ketut Suaryana.

Terdapat juga Training Chocolate Pralin oleh Ketua Indonesia Pastry Alliance (IPA) Bali, Chef Agus Suama, Master Class Barista oleh Indolakto, dan Master Class Cooking oleh Chef Vindex Tengker.

Festival kuliner ini juga menghadirkan sejumlah lomba, seperti Lomba Jajan Pasar yang didukung oleh Rose Brand, Kompetisi Barista: Latte Art didukung oleh Indomilk, dan Flaire Competition didukung oleh Vibe. Ada juga Lomba Masak Dalam Bambu, Membuat Masakan Nusantara, dan lainnya.*has

loading...

Komentar