nusabali

Blok Napi Lapas Tabanan Digeledah, Ada Besi dan Cutter

  • www.nusabali.com-blok-napi-lapas-tabanan-digeledah-ada-besi-dan-cutter

Mencegah barang terlarang masuk ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas), Petugas Lapas Klas IIB Tabanan obok-obok hunian narapidana (napi) pada, Jumat (13/9).

TABANAN, NusaBali

Hasilnya meski nihil HP dan narkoba, petugas temukan benda tajam berupa besi dan cutter.  Sidak yang dilakukan sejumlah petugas Lapas dimulai pukul 07.45 Wita hingga pukul 09.00 Wita. Satu per satu petugas masuk dan menggeledah seluruh blok kamar tahanan. Selain ditemukan besi dan cutter juga ditemukan uang sejumlah Rp 99.000.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIB Tabanan, I Putu Murdiana, menerangkan sidak dilakukan untuk mencegah barang terlarang masuk ke dalam Lapas. Tetapi setelah dilakukan penggeledahan hanya ditemukan sajan berupa besi dan cutter. "HP dan narkoba nihil," ujarnya. Kata dia, sidak memang rutin dilakukan sebulan sebanyak 4 kali. Ini untuk kepentingan keamanan dalam Lapas.

"Untuk barang-barang sajam kami langsung sita, untuk uang dimasukkan ke kartu top up narapidana. Kemudian jika ditemukan HP dan Narkoba diproses lebih lanjut," tegasnya.

Murdiana menambahkan, sebelum razia dimulai, para petugas dikumpulkan terlebih dahulu untuk diberikan pengarahan dan strategi penggeledahan. Selanjutnya petugas dibagi dalam 3 tim, dan menyisir satu demi satu kamar penghuni dan tempat-tempat yang dicurigai sebagai tempat penyimpanan barang terlarang.

Ditegaskan Murdiana selain target razia HP, narkoba dan senjata tajam juga diatensi. Namun tidak menutup kemungkinan juga barang-barang yang membahayakan lainnya yang ada di kamar-kamar hunian seperti obat-obatan kedaluwarsa, lem, alat-alat handy craff, dan lainnya. "Barang-barang temuan yang berhasil diamankan oleh petugas akan diamankan lalu dimusnahkan," tandasnya. *des

loading...

Komentar