nusabali

Buleleng Masuk Nominasi Kota Sehat Nasional

  • www.nusabali.com-buleleng-masuk-nominasi-kota-sehat-nasional

Kabupaten Buleleng lolos menjadi kandidat Kota Sehat Nasional 2019, salah satu dari 167 kabupaten/kota yang lolos seleksi administrasi.

SINGARAJA, NusaBali
Buleleng pun masih harus berjuang untuk mendapatkan penghargaan ‘Swasti Saba’, sebuah penghargaan sebagai kota sehat yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Kabupaten terluas di Bali ini juga optimis dapat meraih penghargaan tingkat nasional itu, karena berbekal keberhasilan menurunkan angka kemiskinan lima tahun terakhir sebagai salah satu indikator penilaian. Dalam persiapan menghadapi proses penilaian Buleleng menerima tim verifikasi dari pusat, Rabu (11/9) kemarin.

Pimpinan rombongan verifikator Hardian Marta dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kementerian dalam Negeri RI, mengatakan sebelumnya seleksi kota sehat ini diikuti oleh 202 kabupaten kota dari 22 provinsi di Indonesia. Namun dari jumlah tersebut hanya 167 kabupaten/kota yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

“Hari ini kami melakukan verifikasi untuk mengetahui kesiapan Kabupaten Buleleng sebagai salahs atu kandidat peraih Swasti Saba. Secara umum dalam penilaian nanti akan dilihat bagaimana tatanan pemukiman, prasarana sehat dan masyarakat sehat, selain juga kami punya tujuh indikator penilaian lainnya,” jelas dia.

Sementara itu Wakil Bupati Buleleng,  I Nyoman Sutjidra, yang menerima tim verifikasi mengatakan Buleleng yang mengajukan diri untuk pertama kalinya sebagai kandidat penerima Kota Sehat sudah sangat siap. Dia pun mengklaim Buleleng sudah memenuhi semua persyaratan baik di program kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Wabup Sutjidra yang menjadi senjata pamungkas adalah keberhasilan Pemkab Buleleng dalam menurunkan angka kemiskinan lima tahun terakhir. Yakni dari tahun 2014 yang terdata sebagai masyarakat miskin sebanyak 43.700 jiwa di tahun 2018 lalu sudah turun menjadi 35.200 jiwa.

“Kita baru pertama kali mengajukan dan langsung memenuhi persyaratan untuk menjadi kandidat penerima penghargaan. Harap kedepan melalui kegiatan ini dapat memajukan Buleleng di berbagai sektor untuk kesejahteraan masyarakat,” ucap Wabup Sutjidra. *k23

Komentar