nusabali

Pimpinan Dewan Dilantik, Janji Kebut Bahas R-APBDP

  • www.nusabali.com-pimpinan-dewan-dilantik-janji-kebut-bahas-r-apbdp

Pimpinan DPRD Karangasem dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri    Amlapura Gede Putra Astawa, di Ruang Rapat DPRD Karangasem Jalan Ngurah Rai Amlapura, Rabu (11/9).

AMLAPURA, NusaBali

Usai pelantikan, Ketua DPRD I Gede Dana, langsung memaparkan program kerjanya, secara cepat diawali Kamis (12/9) rapat pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), disusul membahas R-APBD Perubahan 2019.

Hanya saja disebutkan Ketua I Gede Dana, untuk membahas R-APBD Perubahan 2019, mesti pihak eksekutif menyetorkan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) terlebih dahulu, agar tidak ada kesan membahas kucing dalam karung. Sementara eksekutif hanya setor Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA dan PPAS).

Maka dari itu diperlukan komunikasi politik yang optimal antara eksekutif dengan legislatif, agar kepentingan masyarakat terakomodir, salah satunya kepentingan paling prioritas adalah membahas R-APBD Perubahan 2019.

"Program jangka pendek kami fokus menyelesaikan pembahasan R-APBD Perubahan 2019, hal itu bisa dibahas setelah AKD terbentuk dan eksekutif telah setor RKA," kata I Gede Dana yang juga Ketua DPC PDIP Karangasem.

Dikatakan, setelah tuntas membahas R-APBD Perubahan jadi APBD Perubahan 2019, berlanjut membahas R-APBD 2020. "Kita bahas satu-satu dulu, prioritas R-APBD Perubahan 2019, jangan sampai kasus tahun lalu terulang. Itu sangat mendesak dibutuhkan," lanjut politisi PDIP dari Banjar Lebah, Desa Datah, Kecamatan Kubu, Karangasem.

I Gede Dana optimis pembahasan R-APBD Perubahan 2019, berjalan optimal, dengan catatan Bupati Karangasem secepatnya setor RKA. Juga mohon dukungan semua pihak, agar seluruh agenda bisa terlaksana.

Hadir dalam acara pelantikan pimpinan DPRD Karangasem, Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Dandim Letkol Inf Bima Santosa, Kabag Operasional Polres Kompol I Gede Wali, Ketua PN Amlapura Gede Putra Astawa, Kajari Amlapura Joko Budi Darmawan, Penjabat Sekda I Gusti Gede Rinceg, dan undangan lainnya.

Sedangkan yang dilantik selain Ketua DPRD I Gede Dana, juga tiga Wakil Ketua I Nengah Sumardi dari Fraksi Golkar, I Made Agus Kertiana dari Fraksi NasDem, dan I Wayan Parka dari Fraksi Gerindra.

Di bagian lain Penjabat Sekda Karangasem I Gusti Gede Rinceg, mengaku telah siap dengan draf RKA yang dibutuhkan DPRD Karangasem. "RKA telah siap, saya akan setor, Kamis (12/9)," kata I Gusti Gede Rinceg.

Kesiapan itu dipaparkan, setelah I Gusti Gede Rinceg berkoordinasi dengan Plt Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Karangasem I Nyoman Siki Ngurah. "Setelah menyusun KUPA dan PPAS, diikuti RKA. Memang yang lebih awal disetorkan ke DPRD adalah KUPA dan PPAS," kata I Gusti Gede Rinceg.

Sementara Plt Kepala Bapelitbangda I Nyoman Siki Ngurah dihubungi terpisah mengatakan, mengenai RKA tidak ada masalah. "Tinggal menyetorkan, saja," katanya. *k16

Komentar