nusabali

Komdis PSSI Jatuhkan Denda dan Sanksi

  • www.nusabali.com-komdis-pssi-jatuhkan-denda-dan-sanksi

Komite Disiplin (Komdis) PSSI kembali menyidangkan pelanggaran terhadap kode disiplin pada 4-5 September 2019.

JAKARTA, NusaBali

Persib Bandung menjadi pihak yang paling banyak didenda. Tim berjulukan Pangeran Biru itu terpaksa menyetor Rp300 juta kepada Komdis PSSI.

Komdis PSSI menganggap suporter Persib Bandung, bobotoh, terbukti menyalakan suar ketika timnya bertanding melawan PSS Sleman pada pekan ke-17 Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, 30 Agustus lalu. Mengingat pelanggaran yang dilakukan itu merupakan pengulangan, maka nominal dendanya membesar.

Selain Persib Bandung, dua tim Liga 1 lainnya, Persija Jakarta dan Tira Persikabo juga didenda besar oleh Komdis PSSI. Kedua klub tersebut harus membayarkan Rp75 juta akibat perilaku suporter. Komdis PSSI menilai suporter Persija Jakarta, The Jakmania, terbukti melempar botol dan menyalakan suar kala timnya kalah 0-1 dari Perseru Badak Lampung, 1 September lalu. Sanksi Komdis PSSI untuk Tira Persikabo mirip dengan Persija. Bedanya, pendukung mereka hanya menyalakan suar dan tak melakukan pelemparan.

Ulah penonton juga membuat Arema FC didenda Rp 45 juta. Saat menjamu PSIS Semarang 31 Agustus 2019terjadi pelemparan botol (pengulangan). PSM juga harus setor Rp 50 juta ke Komdis lantaran saat melawan tuan rumah Persija Jakarta pada  28 Agustus 2019, mendapat 5 Kartu Kuning dalam satu pertandingan.

Sementara itu imbas keributan suporter Persik Kediri dengan PSIM Yogyakarta di Liga 2 pada 2 September lalu, kedua tim mendapatkan hukuman berupa denda dan sanksi untuk suporter. Komdis PSSI mendenda Persik Rp50 juta. Adapun, PSIM diberlakukan hukuman tanpa penonton selama satu bulan dan suporternya dilarang mendampingi saat partai tandang dengan durasi yang sama. *

loading...

Komentar