nusabali

Ditinggal Melayat, Rumah Terbakar

  • www.nusabali.com-ditinggal-melayat-rumah-terbakar

Api menghanguskan rumah I Made Sutara, 55, di Banjar Wongaya Kelod, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan pada Selasa (10/9).

TABANAN, NusaBali

Akibatnya dapur dan tempat tidur korban hangus terbakar. Kebakaran terjadi karena dupa usai mengaturkan canang di pelangkiran lupa dipadamkan.

Informasi yang dihimpun kebakaran terjadi sekitar pukul 08.30 Wita. Kebakaran diketahui oleh pecalang yang sedang bertugas. Kemudian salah seorang pecalang mencari Sutara yang sedang melayat ke rumah orang meninggal di Banjar Wongaya Bandul, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel.

Sutara pun bergegas pulang dan sampai di rumah mendapati api sudah membakar rumah yang berukuran 5 meter x 5 meter tersebut, dan api sedang berusaha dipadamkan oleh warga. Selang beberapa menit 2 unit pemadam kebakaran datang membantu memadamkan api. Api sekitar 1 jam baru bisa dipadamkan.

Kapolsek Penebel AKP Bambang Gede Arta ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa kebakaran tersebut terjadi karena dupa yang lupa dipadamkan korban usai mabanten (sembahyang). Rumah saat itu dalam keadaan kosong ditinggal melayat ke Desa Wongaya Bandul. “Ini karena dupa, karena sebelum melayat korban sempat mabanten,” ujarnya.

Akibat dari kebakaran itu peralatan dapur dan kasur milik korban hangus. Termasuk juga atap dapur yang ikut terbakar sehingga kerugian ditotal mencapai Rp 7 juta.  

“Jadi kalau meninggalkan rumah pastin sudah aman. Jangan sampai ada dupa yang masih menyala,” kata AKP Gede Arta. *des

Komentar