nusabali

Menteri BUMN Resmikan Warung Idescafe di Takmung

  • www.nusabali.com-menteri-bumn-resmikan-warung-idescafe-di-takmung

Menteri BUMN RI Rini Sumarno meresmikan Warung Idescafe (Internet Desa) di Desa Adat Sidayu Tojan, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (10/9).

SEMARAPURA, NusaBali
Idescafe merupakan sharing economy model (model kerjasama ekonomi) untuk membangun digital platform untuk kemajuan bangsa dan negara.

Idescafe yang terdapat di Kabupaten Klungkung merupakan hasil kerjasama antara pihak Icon Plus dengan Pemkab Klungkung terkait hak akses menggunakan jaringan bersifat publik.  “Idescafe memiliki keunikan tersendiri yakni dimana ada tiang listrik maka disana idescafe dapat digunakan,” ujar Direktur Utama Icon Plus, Hikmat Drajat.

Idescafe bertujuan agar wilayah pedesaan dapat mengakses informasi dengan menggunakan internet. Menteri BUMN Rini Sumarno mengatakan Presiden Joko Widodo menekankan pemerintah pusat harus membangun dari daerah pinggiran atau dari desa masuk kota. Program ini tidak terlepas dari rog.o yakni mempermudah konektivitas masyarakat dalam berkomunikasi dan memasarkan barang usaha. “Program idescafe yang dikerjakan oleh Icon Plus di bawah Kementerian BUMN RI bisa memasang jaringan internet di semua desa pada akhir tahun depan,” harap Rini Sumarno.

Rini Sumarno juga mengharapkan agar program ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Klungkung dengan sebaik-baiknya. Dalam sambutannya dibacakan Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menegaskan pemerintah dan masyarakat Klungkung menyambut baik penyelenggaraan acara ini di Klungkung.

Bupati mengharapkan agar dengan adanya Warung Internet Desa (Idescafe) ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan terkini, serta membantu penyelenggaraan pemerintah ditingkat desa sampai ke kabupaten. Sehingga masyarakat tidak hanya mendapatkan informasi melainkan dapat menginformasikan potensi yang dimiliki dan membuka peluang usaha ekonomi bagi masyarakat di pedesaan.  

Bupati Suwirta berharap beberapa desa di Nusa Penida yang mengalami tanpa signal (blank spot) yakni Desa Sekartaji, Desa Suana, Desa Klumpu dan Desa Batukandik, dapat segera diatasi. "Saat ini di Kabupaten Klungkung terdapat 22 Menara Base Transceiver Station (BTS) yang telah dibangun di wilayah Nusa Penida. Namun apabila dibandingkan dengan luas wilayah Kecamatan Nusa Penida, Jumlah BTS tersebut masih terbilang minim, apalagi dengan berkembangnya Nusa Penida sebagai daerah objek wisata," ujarnya.*wan

loading...

Komentar