nusabali

Musik SMP Negeri 1 Tabanan Meriahkan Pembukaan Porprov Bali XIV

  • www.nusabali.com-musik-smp-negeri-1-tabanan-meriahkan-pembukaan-porprov-bali-xiv

Siswa-siswi SMP Negeri 1 Tabanan meriahkan panggung Pembukaan Porprov Bali XIV dengan menampilkan marching band dan paduan suara

TABANAN, NusaBali.com
Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Bali XIV pada Senin (9/9/2019) menghadirkan kemeriahan bagi warga Tabanan dan para kontingen yang hadir sebagai perwakilan kabupatennya masing-masing. Bertempat di Lapangan Garuda Wisnu Serasi, acara ini tak hanya menampilkan kesenian masing-maing kabupaten, namun juga diisi oleh sejumlah pengisi acara lainnya. Salah satunya, yaitu SMP Negeri 1 Tabanan yang pada kesempatan ini menampilkan kelompok marching band Gita Widya Swara dan kelompok paduan suara SMP Negeri 1 Tabanan yang beranggotakan siswa-siswi sekolah tersebut. 

Berbeda dengan kelompok paduan suara yang tampil di panggung pembukaan Lapangan Garuda Wisnu Serasi saja, kelompok marching band yang terdiri dari 60 anggota ini tampil memukau dalam parade pembukaan sebagai rangkaian awal pesta pembukaan pekan olahraga pada kali ini. Dalam parade yang bermula dari depan Kantor Bupati Tabanan di Jalan Pahlawan No. 19 Tabanan ini, Marching Band Gita Widya Swara mengiringi api obor Pekan Olahraga Provinsi Bali yang menjadi pembuka parade. 

Dalam parade ini, marching band yang dipimpin oleh 4 mayoret ini sempat melakukan atraksi di panggung yang berlokasi di Jalan Gajah Mada. Tak heran, jika lagu yang dibawakan menyesuaikan dengan tema olahraga, yaitu lagu Meraih Bintang yang dipopulerkan oleh Via Vallen. Selain itu, marching band ini juga menampilkan dua lagu lainnya, yaitu Berkibarlah Benderaku dan lagu tradisional Bali, Don Dadape. 


Dalam mempersiapkan diri sebagai salah satu pengisi acara dalam Pembukaan Porprov Bali XIV ini, kelompok marching band yang baru terbentuk sekitar satu tahun yang lalu ini melakukan latihan intensif selama satu setengah bulan. Hebatnya, dengan intensitas latihan yang dilakukan sebanyak sekali seminggu, penampilan grup marching band Gita Widya Swara ini mampu memukau ribuan penonton, baik selama parade berlangsung maupun saat penampilan di panggung Lapangan Garuda Wisnu Serasi. 

“Latihan dimulai kurang lebih satu setengah bulan yang lalu, dan dilakukan seminggu sekali. Mendekati hari-H, kita tingkatkan menjadi dua kali seminggu, dan satu minggu sebelum acara, kami latihan 4 kali seminggu,” ujar Pembina Pengembangan Diri Marching Band dan Paduan Suara Sri Wisnu Murti, S.Pd.

Kehormatan sebagai pengisi acara juga diperoleh grup paduan suara SMP Negeri 1 Tabanan. Selain menyanyikan lagu Indonesia Raya, paduan suara ini juga mendapat kehormatan untuk mengiringi Pengibaran Bendera Pekan Olahraga Provinsi Bali dengan lagu Patriot Olahraga. 

Sri Wisnu Murti sebagai Pembina mengaku turut berbangga dengan partisipasi siswa-siswinya dalam acara ini. Dirinya juga mengatakan, bahwa dalam mempersiapkan siswa-siswinya, dirinya tidak ingin membebani siswa-siswinya dengan jadwal latihan yang mempengaruhi performa para siswa di sekolah. 

“Kalau mempengaruhi kegiatan di sekolah mereka saya rasa tidak. Itulah kenapa latihannya seminggu sekali, agar tidak mengganggu konsentrasi mereka. Selama satu setengah bulan ini kami juga melatih fisik siswa, utamanya untuk yang marching band, karena selain memainkan musik, kan mereka juga harus sambil jalan. Karena itu kita latihannya juga latihan memainkan musik sambil berjalan,” jelas Sri Wisnu Murti. *yl

loading...

Komentar