nusabali

Kagumi Kemegahan Gedung, Ajak Masyarakat Ikut Menjaga

Komisi II Tinjau Balai Budaya Giri Nata Mandala

  • www.nusabali.com-kagumi-kemegahan-gedung-ajak-masyarakat-ikut-menjaga

Jajaran Komisi II DPRD Badung memuji kemegahan bangunan, interior, dan ornamen Balai Budaya Giri Nata Mandala.

MANGUPURA, NusaBali

Komisi yang diketuai I Gusti Anom Gumanti tersebut bahkan kagum dengan kecanggihan fasilitas yang ada di dalam balai budaya yang terletak di selatan kawasan Puspem Badung di Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi.

“Semua sudah kami kelilingi, sangat megah dan representatif. Ornamennya tidak meninggalkan budaya Bali, tetapi dikemas dengan teknologi yang canggih. Luar biasa ide dan desain Bapak Bupati,” kata Anom Gumanti ditemui usai mengunjungi Balai Budaya Giri Nata Mandala, Senin (9/9).

Kunjungan tersebut juga diikuti anggota Komisi II; Ida Bagus Made Sunartha, I Gusti Lanang Umbara, I Nyoman Dirga Yusa, I Wayan Luwir Wiana, IB Alit Arga Patra, I Nyoman Suka, dan IGAA Inda Trimafo Yuda. Rombongan dewan didampingi Kepala Dinas PUPR Badung IB Surya Suamba.

Politisi PDIP ini mengajak seluruh masyarakat Badung ikut menjaga balai budaya yang digadang-gadang bertaraf internasional tersebut. “Kami tidak menyangka Bapak Bupati memiliki ide yang luar biasa ini. Masyarakat juga harus ikut menjaga, karena akan diwariskan kepada generasi penerus Badung,” ucapnya.

Anom Gumanti selaku anggota dewan menyarankan gedung tersebut dikelola oleh pihak ketiga, oleh orang-orang profesional. “Gedung ini kan membutuhkan perawatan dari orang khusus. Apalagi interiornya ada yang didatangkan dari Jerman dan Italia, tidak bisa orang sembarangan yang merawatnya,” tuturnya.

Ida Bagus Made Sunarta pun mengaku bangga Badung bisa memiliki gedung megah bertaraf internasional. Pemeliharaannya harus dilakukan oleh profesional.

I Gusti Lanang Umbara menambahkan, agar pemerintah memperhatikan perawatan gedung jangan sampai lokasi di sekitar kumuh. Dengan modal besar yang sudah ditanamkan, pihaknya berharap gedung itu bisa membawa dampak positif bagi Badung. “Selain sebagai peningkatan pelestarian seni, adat, dan budaya, kami harap gedung ini bisa membawa income bagi Badung. Misalnya dengan event-event internasional ke sini yang bisa memberikan dampak positif bagi Badung,” imbuh mantan Perbekel Pelaga itu.

Usai mengunjungi balai budaya, Komisi II juga meninjau Badung Command Center serta mengadakan rapat bersama sejumlah OPD terkait, seperti Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan. *asa

Komentar