nusabali

Pembukaan Porprov Bali XIV, 10 Titik Jalan Ditutup

Pelajar dan Pegawai di Kawasan Dalam Kota Pulang Lebih Awal

  • www.nusabali.com-pembukaan-porprov-bali-xiv-10-titik-jalan-ditutup

Untuk kelancaran upacara pembukaan Porprov Bali XIV 2019, sejumlah ruas jalan di kawasan kota Tabanan akan ditutup pada Senin (9/9).

TABANAN, NusaBali

Bahkan seluruh pelajar yang berada di seputaran kota dipulang lebih awal, pukul 10.00 Wita.  Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Tabanan, ada 10 titik ruas jalur yang akan ditutup selama upacara defile kontingen peserta Porprov, dengan rute kantor Bupati Tabanan menuju Garuda Wisnu Serasi (GWS).

Ruas jalan yang akan ditutup adalah Jalan Pahlawan, Gajah Mada, Gunung Agung, Gunung Batur, Gunung Semeru, Danau Toba, Mawar, Melati, Kenyeri, dan Jalan Kamboja.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Tabanan sekaligus Asisten II Setda Tabanan I Made Agus Hartawiguna, menjelaskan penutupan jalan akan dilakukan mulai Senin (9/9) pukul 12.00 Wita. “Sudah sesuai rencana jadi besok (hari ini) tinggal dieksekusi,” tuturnya, Minggu (8/9).

Menurut Hartawiguna, karena ada penutupan jalan selama prosesi pembukaan Porprov, arus lalu lintas dari arah Denpasar menuju kota Tabanan diarahkan melalui Jalan Bypass Soekarno menuju Jalan Teratai, Pulau Menjangan, Pulau Batam, sedangkan yang menuju Kecamatan Marga melalui Jalan Ngurah Rai menuju Simpang Rindam ke utara.

Untuk arus lalu lintas dari arah Kecamatan Penebel menuju kota Tabanan diarahkan melalui Desa Subamia, Jalan Rajawali, Jalan Pulau Batam, Jalan Cenderawasih, sedangkan dari arah Terminal Tuakilang melalui Jalan Gunung Agung, Jalan Merak (dua arah), dan Jalan Kasuari (dari utara). Dan arus lalu lintas menuju Penebel dialihkan melalui Pulau Nias, Jalan Rajawali, dan Desa Subamia. “Agar masyarakat tidak bingung, nanti disiagakan sejumlah personel dan ada pula pemasangan papan petunjuk,” tegasnya.  

Dan khusus untuk akses ke BRSUD Tabanan akan diberikan skala prioritas. “Jadi bagi pasien, akses jalan ke BRSUD tetap dibuka, koordinasi saja dengan petugas,” tandasnya.

Di sisi lain, jelang defile kontingen peserta Porprov Bali XIV 2019, pelajar dari TK hingga setingkat SMA yang berada di wilayah kota Tabanan, Senin (9/9) ini dipulangkan lebih awal. Pengumuman tersebut telah disampaikan ke sekolah yang ada di kota. “Sudah diinfokan ke masing-masing sekolah, sudah disurati pulang lebih awal pukul 10.00 Wita,” tegas Plt Kepala Dinas Pendidikan Tabanan Wayan Miarsana sekaligus Plt Asisten I Setda Tabanan.

Bahkan tak hanya sekolah, karyawan kantor yang akan melintas seputaran jalan yang ditutup akan pulang lebih awal yakni sekitar pukul 12.00 Wita. “Karena para atlet dan yang persiapan sudah kumpul pukul 13.00 Wita,” ujarnya.

Sesuai jadwal, pembukaan dimulai pukul 16.30 Wita. Upacara pembukaan Porprov Bali dikolaborasikan dengan kesenian khas Tabanan mulai dari Okokan, Mandolin, Bleganjur, dan lain-lain. *des

loading...

Komentar