nusabali

Jata Diminta Jaga Kekompakan Fraksi

Pasca Penunjukan Gus Gaga Jadi Wakil Ketua DPRD Gianyar

  • www.nusabali.com-jata-diminta-jaga-kekompakan-fraksi

Kader Demokrat agar memberikan waktu dan ruang seluas-luasnya  kepada Wakil Ketua DPRD Gianyar, Gus Gaga untuk bekerja.

GIANYAR, NusaBali

Ketua DPC Demokrat Gianyar, Tjokorda Gde Asmara Putra Sukawati alias Cok Asmara, minta agar mantan Wakil Ketua DPRD Gianyar dari Demokrat, Ketut Jata, tetap menjaga kekompakan Fraksi Demokrat di DPRD Gianyar. Permintaan khusus ini menyusul keputusan DPP Demokrat yang tak lagi menugaskan Ketut Jata sebagai Wakil Ketua DPRD Gianyar untuk periode 2019-2024.

Cok Asmara menegaskan hal itu di sela-sela peringatan HUT ke-18 Partai Demokrat di Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Gianyar, Minggu (8/9) siang. “Kami harap lima anggota Fraksi Demokrat, khususnya Pak Jata, tetap menjaga kekompakan demi aspirasi masyarakat,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, mantan Sekda Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra alias Gus Gaga, yang baru setahun bergabung di Demokrat, lolos ke kursi legislatif dengan perolehan 3.486 suara hasil Pileg 2019. Dia langsung dipercaya menjadi Wakil Ketua DPRD Gianyar 2019-2024 dari Fraksi Demokrat.

Gus Gaga menggantikan I Ketut Jata, politisi senior Demokrat yang sudah dua periode secara beruntun menjabat Wakil Ketua DPRD Gianyar (2009-2014 dan 2014-2019). Kepastian naiknya Gus Gaga sebagai Wakil Ketua Dewan ini terungkap dalam rapat pleno DPRD Gianyar 2019-2024, Kamis (29/8) lalu.

Menyikapi pergantian jabatan Wakil Ketua DPRD Gianyar dari Ketut Jata ke Gus Gaga, berikut pergantian Ketua Fraksi Demokrat dari Made Janji ke I Gede Sudiarta, Cok Asmara menegaskan, Fraksi Demokrat harus berbenah diri dengan meningkatkan konsolidasi internal. Karena hanya dengan kekompakan, aspirasi masyarakat akan dapat dipejuangkan secara konsisten sesuai visi/misi Demokrat.

“Seluruh kader, terutama di legislatif, harus mengutamakan kepentingan masyakat,” jelasnya. Cok Asmara mengingatkan kepada kader Demokrat tidak larut dengan keadaan masa lalu, apalagi merasa gagal dalam perjuangan.

Tokoh Puri Agung Ubud ini juga secara khusus mengingatkan kepada para kader untuk memberikan waktu dan ruang seluas-luasnya  kepada Wakil Ketua DPRD Gianyar Gus Gaga untuk bekerja.

Karena bagaimana pun, jabatan yang diemban Gus Gaga kini selain karena pilihan rakyat juga penugasan partai. Di lain sisi, lanjut Cok Asmara, DPP Demokrat dan seluruh kader punya harapan dan tanggungjawab kepada Gus Gaga agar ke depan partai ini menjadi lebih baik.

Peringatan HUT ke-18 Partai Demokrat tak dihadiri anggota DPRD Gianyar Ketut Jata. Menurut Cok Asmara, Jata yang politisi asal Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar ini, sedang menghadiri upacara pernikahan keluarga di Surabaya, Jawa Tmur. Peringatan HUT dihadiri ratusan undangan dari unsur kader, jajaran DPC dan tujuh PAC Demokrat se Kabupaten Gianjar. Hadir pula perwakilan  prajuru desa adat dari Kecamatan Ubud, Tampaksiring, Tegallalang, dan Payangan.

Dihubungi terpisah, Ketut Jata berjanji untuk tetap solid menjaga kekompakan kader Demokrat. Menurutnya, soliditas dan upaya membesarkan partai telah dilakukannya sejak dirinya bergabung di Demokrat dan menjadi Ketua DPC Demokrat Gianyar tahun 2006. “Sebagai kader, saya harus loyal kepada partai dan masyarakat,” ujarnya. *lsa

Komentar