nusabali

Move On Lawan Thailand

  • www.nusabali.com-move-on-lawan-thailand

Suporter marah soal hasil lawan Malaysia, tapi tak ada yang lebih marah daripada pemain. Mereka terluka. Tak ada hal lain selain move on. Mengubah komentar negatif menjadi kekuatan positif.

JAKARTA, NusaBali

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy meminta pemainnya menepiskan kekalahan memalukan 2-3 lawan Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia. Simon pun meminta para pemain move on menatap laga menjamu Thailand, di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9) besok. Di atas kertas, Skuat Garuda tak diunggulkan memenangi laga itu..

"Suporter marah soal hasil lawan Malaysia, tapi tak ada yang lebih marah daripada pemain. Mereka sudah berikan yang terbaik tetapi kalah. Mereka terluka, saya juga,”kata Simon, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu (8/9/).

“Saya bahkan tak bisa tidur. Tak ada hal lain selain move on. Mengubah komentar negatif menjadi kekuatan positif,"kata pelatih asal Skotlandia itu

Namun Simon menolak berkomentar tentang strategi menghadapi Thailand setelah taktik yang digunakannya menuai kritik dari publik.

Dia menegaskan tidak akan bicara strategi. Tidak adil buat pemain kalau strategi dibocorkan. “Tapi hal yang perlu kalian tahu, Thailand saat ini masih transisi di bawah pelatih baru seperti saat mereka melawan Vietnam. Meski begitu, mereka tetap berbahaya," kata Simon, kepada wartawan.

Hal senada juga disampaikan, manajer Timnas Sumardji, yang mengatakan, timnya tak memikirkan laga tandang ke Malaysia buntut kerusuhan pada leg pertama, 5 September lalu. Saat ini, fokus Andritany Ardhiyasa dkk adalah mengalahkan Thailand.

Indonesia terpaksa menanggung malu dua kali ketika berhadapan dengan Malaysia. Selain kalah 2-3, para pendukung tuan rumah juga membuat kerusuhan.

Timnas akan kembali bertindak sebagai tuan rumah di babak penyisihan Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Setelah Malaysia, kali ini Thailand yang akan menjadi lawan.

"Kami belum berbicara dengan PSSI tentang keamanan nanti di Malaysia. Sekarang Timnas Indonesia sedang fokus demi mendapatkan kemenangan melawan Thailand," kata Sumardji.

Sementara mantan striker Timnas , Cristian Gonzales turut memompa semangat bertanding anak-asuh Simon McMenemy, terutama setelah dipermalukan Malaysia 2-3, Kamis lalu.

Menurut El Loco, Timnas harus segera melupakan kekalahan, namun wajib mempelajari kembali apa yang menjadi penyebabnya.

"Semoga kekalahan kemarin menjadi pembelajaran untuk pertandingan melawan Thailand. Semoga meraih hasil maksimal, sebagai pengganti kekalahan di kandang kemarin," ujar pemain asal Uruguay ini kepada wartawan.

El Loco enggan memberikan masukan secara detail untuk Timnas Indonesia, karena yang lebih paham situasinya adalah pelatih Simon McMenemy. Dia mengaku permainan Beto Goncalves dkk. sudah bagus, sementara Malaysia pandai memanfaatkan celah. *ant

Komentar