nusabali

Jelang Pilkel Serentak, Calon Perbekel Mulai Adu Visi-Misi

  • www.nusabali.com-jelang-pilkel-serentak-calon-perbekel-mulai-adu-visi-misi

Tahapan serangkaian Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di 35 desa se-Kabupaten Jembrana, 23 September 2019, telah memasuki tahapan penyampaian visi-misi para calon Perbekel.

NEGARA, NusaBali

Penyampaian visi-misi ini diharapkan rampung di 35 desa, pekan depan.  Kegiatan dilanjutkan tahapan kampanye yang sudah harus berhenti serempak memasuki H-3 pencoblosan. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jembrana, Gede Sujana, Jumat (6/9), mengatakan, untuk tahapan penyampaian visi-misi maupun tahapan kampanye serangkaian Pilkel serentak, memang tidak dilaksankan serempak. Tetapi diatur sesuai jadwal yang telah ditentukan Panitia Pilkel di masing-masing desa. Untuk saat ini, dari laporan yang sudah diterimanya, hampir sebagian desa sudah melaksanakan tahapan penyampaian visi-misi yang juga langsung disambung tahapan masa kampanye.

Meski tahapan penyampaian visi-misi termasuk kampanye berbeda-beda di setiap desa, sambung Sujana, untuk masa tenang kampanye, diatur serempak mulai H-3 pencoblosan. Karena, itu pihaknya berharap untuk penyampaian visi-misi, paling tidak sudah bisa rampung di 35 desa memasuki pekan depan, sehingga ada sisa masa kampanye sepekan sebelum masa tenang. “Untuk datanya, kami belum terima secara pasti berapa yang sudah melaksanakan tahapan penyampaian visi-misi. Tetapi yang pasti, setelah visi-misi akan disambung masa kampanye, dan untuk kampanye sudah harus serempak berhenti mulai tiga hari sebelum pencoblosan,” ujar mantan Camat Mendoyo ini.

Sementara itu, untuk kesiapan logistik, khususnya surat suara dan bilik suara dari Kabupaten, dipastikan telah siap. Beberapa surat suara dan bilik suara, juga sudah ada yang didistribusikan ke sejumlah desa, dan tanggungjawab keamanan diserahkan kepada petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) atau jajaran Kepolisian di masing-masing desa. “Untuk surat suara sudah siap, dan sudah disortir. Beberapa desa, memang masih ada di percetakan. Tetapi yang jelas, sudah tidak kendala untuk surat suara dan bilik. Tinggal nanti didistribusikan ke desa-desa yang memang belum menerima,” ungkapnya.

Sedangkan untuk logistik di luar surat suara dan bilik, seperti alat tulis kantor (ATK) dan sejumlah atribut Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), diadakan masing-masing desa. Nah, untuk kesiapan ATK termasuk sejumlah logistik yang diadakan desa, itu rencananya akan dicek pekan depan. “Rencana hari Senin nanti akan kami cek di masing-masing desa, apakah sudah semua siap logistik-nya. Mudah-mudahan nanti sudah siap semua. Kalau yang dari Kabupaten kami pastikan sudah siap,” ucapnya.

Untuk diketahui, ada 124 calon perbekel di 35 desa yang akan melaksankan Pilkel serentak pada 23 Sempetember nanti. Sesuai catatan, ada 267 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 35 desa tersebut.  Berkenaan waktu pencoblosan saat hari H Pilkel serentak nanti, ditetapkan mulai pukul 07.30 Wita sampai pukul 13.00 Wita.*ode

loading...

Komentar