nusabali

Dishub Siapkan 8 Bus Angkutan Siswa di Payangan

  • www.nusabali.com-dishub-siapkan-8-bus-angkutan-siswa-di-payangan

Dinas Perhubungan (Dishub) Gianyar akan menyiapkan delapan armada bus angkutan siswa gratis di Kecamatan Payangan.

GIANYAR, NusaBali

Angkutan ini, memang sejak lama dinantikan oleh masyarakat. Sebab sering ada siswa malas ke sekolah karena tidak ada yang mengantar-jemput.

Hal itu terungkap saat perwakilan masyarakat Payangan mendatangi Kepala Dinas Perhubungan Gianyar I Wayan Suamba, Rabu (4/9). "Untuk Kecamatan Payangan, kami baru bisa menambah delapan armada angkutan gratis, ini sudah dihitung sesuai kebutuhan,” terangnya. Delapan armada ini akan melayani trayek antar-jemput para siswa di Desa Buahan - SMPN 3 Payangan. Sementara untuk layanan angkutan gratis di Desa Kerta, dikatakan sudah ada dua bus yang beroperasi.

Begitu angkutan ini tiba di Payangan, Dishub langsung melakukan sosialisasi di Desa Buahan. "Supaya orangtua siswa tidak memikirkan lagi bagaimana putra-putrinya ke sekolah, utamanya memberikan uang saku naik angkot. Karena ini kan gratis," ujarnya.

Dia menambahkan, tahun 2020 akan ada penambahan armada bus gratis untuk siswa di jalur Gianyar-Tampaksiring-Blahbatuh. Awalnya terdapat 116 armada, kini akan ditambah menjadi 120 armada. Jalur Tegallalang yang semula 32 armada akan menjadi 40 armada. “Sedangkan di zona Payangan ada delapan armada lagi,” ungkapnya.

Di Kabupaten Gianyar, terdapat 188 armada angkot-angdes untuk angkutan siswa gratis. Dishub juga memiliki 12 bus untuk layanan yang sama. *nvi

Komentar