nusabali

Waru Tumbang Tutupi Badan Jalan

  • www.nusabali.com-waru-tumbang-tutupi-badan-jalan

Pohon waru di Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, tumbang, Selasa (3/9) pukul 14.30 Wita.

AMLAPURA, NusaBali

Pohon waru sempat menutupi badan jalan jurusan Amlapura-Klungkung. Pohon waru ini tumbang karena telah tua, akarnya keropos, dan tumbuhnya menjorok ke jalan raya. Pohon waru ang tumbang berdiameter 60 cm dan panjang 10 meter.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa bersama anggota melakukan penanganan menggunakan tiga chainsaw. BPBD akan melakukan pengecekan di sepanjang jalur yang padat arus lalulintas. Jika ada pohon tua dan keropos akan ditebang seizing pemilik. Sehingga kayunya bisa digunakan bahan bangunan. Khusus di wilayah Amlapura telah dilakukan pemantauan bersama Dinas Lingkungan Hidup Karangasem. Pohon perindang tua ditebang agar dahannya tidak menyentuh kabel PLN dan tidak membahayakan pengendara.

Masyarakat diimbau lebih berhati-hati bepergian saat turun hujan lebat. Sebab hujan biasanya menyebabkan terjadi tanah longsor dan pohon tumbang. Sebab pohon yang diguyur hujan terutama yang telah berusia tua akan bertambah berat dan rawan tumbang. Salah satunya pohon aren yang tumbuh di pinggir jalan, rentan roboh karena batangnya berat, tetapi akarnya tidak kuat menahan. *k16

Komentar