nusabali

Dinas Pertanian Siapkan 1.000 Bonsai Kelapa

  • www.nusabali.com-dinas-pertanian-siapkan-1000-bonsai-kelapa

Dinas Pertanian Karangasem mempersiapkan pameran 1.000 bonsai kelapa dan menanam 50 jenis kelapa untuk semarakkan Festival Kelapa Nasional pada tanggal 14-17 September 2019.

AMLAPURA, NusaBali

Festival digelar di Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, Banjar Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem. Sebanyak 247 kabupaten/kota yang jadi anggota Kopek (Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa) akan menghadiri festival ini.

Nantinya, masing-masing utusan menanam tunas kelapa. Sehingga di sisi barat Objek Wisata Taman Sukasada Ujung akan jadi pusat demplot kelapa terlengkap di Indonesia. Kepala Dinas Pertanian Karangasem, I Wayan Supandi mengaku sedang mengoptimalkan penataan tunas kelapa untuk pameran. Sebanyak 50 jenis kelapa yang ada di Indonesia semuanya ditanam lengkap dengan nama-nama jenis kelapa itu. Sehingga pengunjung mengenali seluruh jenis kelapa. “Saya telah siapkan tempat menanam 50 jenis kelapa dan tempat pameran 1000 bonsai kelapa,” ungkap Wayan Supandi didampingi Kepala Bidang Perkebunan I Komang Cenik, Selasa (3/9).

Kepala Badan Pengelola Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, Ida Made Alit mengapresiasi inovasi Dinas Pertanian Karangasem. Selain membangun demplot hortikultura dengan menanam 18 jenis hortikultura juga membangun demplot kelapa. Bahkan ada pameran 1.000 bonsai kelapa yang telah dikemas menjadi karya seni. “Saya salut atas inovasi Dinas Pertanian sehingga keindahan Objek Wisata Taman Sukasada Ujung jadi bertambah lengkap,” kata Ida Made Alit. Dikatakan, lahan di Objek Wisata Taman Sukasada Ujung bagian barat ditumbuhi alang-alang dan rumput teki. Setelah diolah jadi demplot, menjadi pemandangan yang menarik. Sehingga seluruh lahan yang ada berfungsi optimal. *k16

Komentar