nusabali

Bupati Suwirta Dorong PDAM Berinovasi

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-dorong-pdam-berinovasi

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendorong PDAM Klungkung berani berinovasi, membuat bisnis plan, dan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga.

SEMARAPURA, NusaBali

Dengan itu, PDAM tidak hanya menunggu dana penyertaan dari pemerintah pusat. Hal itu disampaikan Bupati saat memimpin Apel Paripurna di Lapangan Puputan Klungkung, Senin (2/9) pagi.

Selain itu, papar Bupati, bila ada laporan keuangan minus, supaya dilaporkan secara langsung kepada Bupati sehingga bisa dicarikan solusi. "Jangan lihat kata daerah-nya, namun lihat kata perusahaan-nya, PDAM sebagai sebuah perusahaan wajib membuat bisnis plan, membuat terobosan, berinovasi, sehingga tidah hanya menunggu dana penyertaan dari pusat. Laporan keuangan juga harus dilaporkan kepada saya apalagi ketika minus," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menyesalkan laporan serapan anggaran Triwulan ke III pada tahun 2019 yang masih rendah yakni baru 40 persen. Untuk itu dirinya mengingatkan semua OPD untuk mempercepat kegiatan sehingga pada akhir tahun tenaga dan pikiran tidak dihabiskan untuk begadang menyelesaikan laporan keuangan.

Di sisi lain, Bupati Suwirta mengajak seluruh OPD bersyukur. Karena indeks inovasi Klungkung ditetapkan sebagai kabupaten terbaik di Bali, dan nomor delapan di Indonesia meskipun Klungkung sebagai daerah kecil. Menurutnya hal ini berkat komitmen kuat bersama dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Team Yarra Valley Water dari Melbourne, Australia membalas  dengan berkunjung ke PDAM Gianyar beberapa waktu lalu. Tim terdiri dari dua orang yakni Luke Dickson dan Kristen Knight. Kunjungan berlangsung tiga hari. Direktur Utama PDAM Gianyar Ir Made Sastra Kencana, Senin (2/9) menjelaskan, kunjungan tersebut mendiagnosa kendala-kendala yang dihadapi PDAM Gianyar. Di antaranya meningkatkan SDM untuk memperbaiki Manajemen Aset, menurunkan kehilangan air dan sistem informasi. “Ini merupakan lanjutan dari kesepakatan bersama dengan Yarra Valley Water dalam program Water Utility improvement Program (WUIP). Sebelumnya kami sudah belajar kesana, lalu giliran mereka meninjau kesini. PDAM sebagai resipien atau pasien, yang didiagnosa penyakitnya,” jelas Sastra Kencana. *wan,nvi

Komentar