nusabali

Bupati Giri Prasta Gotong Royong Bersama Masyarakat Nungnung

Serahkan Hibah Rp 2 M untuk Pembangunan Pura Dalem

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-gotong-royong-bersama-masyarakat-nungnung

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama masyarakat Desa Adat Nungnung, Kecamatan Petang, melaksanakan gotong royong bersih-bersih di areal jalan Subak Nungnung, Minggu (1/9).

MANGUPURA, NusaBali

Bupati sekaligus menyerahkan bantuan dana hibah sebesar Rp 2 miliar untuk pembangunan Pura Dalem Nungnung.

Bupati Giri Prasta menerangkan, kegiatan yang melibatkan masyarakat, prajuru desa adat, kelian banjar adat dan dinas, serta tokoh Desa Nungnung merupakan bagian dari program Kabupaten Badung yaitu Gerakan Serentak (Gertak) Badung Bersih yang rutin dilakukan pada Minggu pertama setiap bulannya. “Kegiatan di Nungnung ini juga bertalian dengan program pembangunan jalan usaha tani (JUT) yang nantinya dapat meningkatkan pendapatan per kapita petani. JUT ini fungsinya untuk jalan menuju ke beji milik desa adat. Sehingga, jalan ini sangat berfungsi,” ujarnya.

Pembangunan JUT telah dilakukan kajian dengan baik oleh Dinas PUPR Badung. Untuk itu, Bupati berterima kasih kepada masyarakat dan kepada pemilik lahan yang telah membuka jalan tersebut. “Bagi saya ini merupakan kegiatan yang amat sangat mulia. Dan pemerintah akan menuntaskan JUT ini,” tegasnya.

Selain gotong royong, Bupati juga melihat terowongan dengan anggaran Rp 3,6 miliar. Diharapkan masyarakat tidak membuang sampah di terowongan tersebut. “Nanti kita akan buatkan tempat sampah sementara di atas terowongan sebelum desa membuat TPST,” tambahnya.

Subak Amerta Sari Manik di Desa Nungnung juga dibantu terowongan dan jaringan irigasi usaha tani. Sedangkan bantuan hibah Rp 2 miliar ini untuk pembangunan Pura Dalem Nungnung. “Ini salah satu motivasi yang diberikan kepada masyarakat, agar terus bersatu membangun wilayah desanya,” tandas Bupati Giri Prasta.

Bendesa Adat Nungnung I Wayan Joni menyampaikan terima kasih atas bantuan hibah yang diberikan Bupati kepada krama Desa Adat Nungnung. Bantuan Rp 2 miliar ini akan dimanfaatkan untuk pembangunan pelinggih di Pura Dalem. Renovasi meliputi padmasana, gedong dalem, paruman, bale lantang, bale penganteg, apit lawang, bale kulkul, panyengker di jaba sisi dan sisi barat serta candi bentar, termasuk penataan areal pura. “Pembangunan akan dimulai 3 September 2019 selama 3,5 bulan,” jelasnya. *

Komentar