nusabali

Bupati Bangli Rancang Perbup Penguatan Ideologi Pancasila

  • www.nusabali.com-bupati-bangli-rancang-perbup-penguatan-ideologi-pancasila

Bupati Bangli, I Made Gianyar, menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI di halaman Kantor Bupati Bangli, Sabtu (31/8) malam.

BANGLI, NusaBali

Dalam sambutannya, bupati mengaku segera mengeluarkan Peraturan Bupati tentang penguatan nilai-nilai dan ideologi Pancasila. Alasannya, saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami berbagai cobaan, khususnya rongrongan terhadap ideologi Pancasila oleh paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila.

Menurut Bupati Made Gianyar, untuk penguatan aktualiasi Pancasila perlu dilakukan baik melalui Peraturan Bupati (Perbup) ataupun Peraturan Daerah (Perda). “Setelah menerima kujungan kerja anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka, saya dan Pak Wakil Bupati sudah bersepakat dan berkomitmen untuk menguatkan ideologi Pancasila di Kabupaten Bangli,” ungkap  Bupati Made Gianyar. Sebelum dalam bentuk Perda, revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila akan dituangkan dulu dalam bentuk Perbup. “Saya sudah perintahkan Kabag Hukum untuk tindaklanjuti ini,” tegasnya.

Dikatakan, pada pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) beberapa waktu lalu, suhu politik di Indonesia cukup panas. Ditegaskan, adanya perbedaan pendapat dan pilihan pada era reformasi adalah hal yang biasa, namun tidak boleh memecah belah bangsa. “Apapun pilihan kita, NKRI adalah harga mati dan Pancasila sebagai dasar negara harus tetap menjadi puncak dari segala puncak,” ujarnya. Bupati Made Gianyar mengaku senang sebab di era Presiden Joko Widodo, Pancasila semakin dikuatkan melalui pembentukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Indonesia.

Terkait peringatan HUT ke-74 RI, Bupati Made Gianyar mengatakan, sesuai dengan edaran Menteri Sekretaris Negara RI, kegiatan HUT RI di Kabupaten Bangli sudah dilaksanakan selama satu bulan penuh, baik melalui lomba-lomba maupun kegiatan lainnya. Tujuan dari perayaan HUT Proklamasi kemerdekaan setiap tahunnya adalah untuk mengucap rasa syukur atas kemerdekaan dan mengobarkan kembali semangat juang pahwalan agar generasi penerus tidak keluar dari cita-cita kemerdekaan.

Oleh karenanya, melalui momentum peringatan HUT RI, Bupati Made Gianyar mengajak seluruh komponen bangsa untuk meneruskan perjuangan para pahlawan. “Saya mengajak seluruh masyarakat Bangli untuk terus bekerja keras dan selalu meningkatkan diri. Karena dengan SDM yang unggul, Indonesia maju,” tandasnya. Rangkaian peringatan HUT RI di Kabupaten Bangli berlangsung dari tanggal 31 Juli sampai dengan 31 Agustus 2019. *esa

Komentar